Beranda Atraksi Wisata 16 Tempat Tujuan Wisata Libur Lebaran Keluarga di Bandung

16 Tempat Tujuan Wisata Libur Lebaran Keluarga di Bandung

761
Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda Bandung

Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia menempatkan hari raya Idul Fitri sebagai hari raya nasional yang memiliki hari libur dan cuti bersama paling panjang setiap tahunnya. Kesempatan tersebut tentu banyak dimanfaatkan banyak orang untuk kemudian pulang ke kampung halamannya atau berlibur ke berbagai tempat wisata bersama keluarga. Bagi Anda yang menghabiskan libur lebarannya di Bandung, berikut ini kami rekomendasikan 16 tempat tujuan wisata libur lebaran yang cocok untuk mengajak keluarga.

1. Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

Lokasi Tahura Ir. H. Djuanda ini tak begitu jauh dari pusat kota. Cukup berkendara sekitar 5 menit saja dari Terminal Dago, Anda sudah dapat menjelajahi hutan yang memiliki luas 590 hektare tersebut. Saking luasnya, hutan ini pun dapat tembus ke kawasan wisata Maribaya di Lembang. Tingginya batang pohon yang ada di hutan ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk ber-hammocking ria. Di sini juga terdapat beberapa wisata air terjun yang masih terjaga keasriannya, serta wisata sejarah berupa bunker yang dinamakan Goa Belanda dan Goa Jepang.

Alamat: Kompleks Tahura Ir. H Djuanda No. 99, Dago Pakar, Ciburial, Bandung
HTM: Rp12.000

Menjelajahi Alam Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung

2. Bandung Zoo (Kebun Binatang Bandung)

Kebun Binatang Bandung atau yang sekarang dikenal dengan Bandung Zoo merupakan tempat rekreasi yang sudah cukup lama menjadi tujuan wisata keluarga di Bandung. Kebun binatang ini memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap dengan berbagai fasilitas dan wahana yang dapat ditunggangi anak kecil.

Alamat: Jl. Kebun Binatang No. 6, Taman Sari, Bandung
HTM: Rp40.000

 

3. Kawah Putih

Kawah Putih merupakan salah satu tujuan wisata favorit di kawasan Ciwidey. Danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini memiliki air yang berwarna hijau keputihan. Sesekali, kabut akan datang menyelimuti area danau yang membuat tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Karena kadar belerangnya yang tinggi, pengunjung yang datang disarankan untuk menggunakan masker. Bagi pengendara motor, Anda dapat memarkirkan kendaraannya di gerbang masuk dan melanjutkan perjalanan melalui kendaraan shuttle ontang-anting. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan roda empat, Anda bisa langsung membawa kendaraan hingga dekat kawah.

Alamat: Patuha, Ciwidey
HTM: Rp35.000 (sudah termasuk tiket shuttle)

Baca juga: 5 Cara Seru Menghabiskan Liburan di Ciwidey Bandung

Wisata Kawah Putih Ciwidey

4. De’Ranch

De’Ranch terletak di kawasan tak jauh dari Maribaya Lembang. Tempat tersebut sangat populer di kalangan wisatawan sebagai tujuan wisata yang menawarkan wisata berkuda aman di Bandung. Fasilitasnya pun cukup lengkap, sebuah restoran nyaman tersedia bagi Anda yang ingin bersantap ataupun sekedar mengganjal perut.

Alamat: Jl. Maribaya No. 17, Kayuambon, Lembang
HTM: Rp15.000 (dapat ditukar dengan minuman)

 

5. Rabbit Town

Rabbt Town terbilang tempat wisata yang masih baru di Bandung. Dengan mengusung tema wisata selfie, Rabbit Town memiliki banyak sekali spot berfoto yang bisa dikunjungi. Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa tempat penangkaran hewan peliharaan sebagai bagian dari wisata edukasi yang ditawarkan untuk anak-anak seperti kandang monyet, kelinci, burung, dan rusa.

Alamat: Jl. Racabentang No. 30-32, Ciumbuleuit
HTM:
Rp25.000
Rp150.000 (tiket terusan seluruh wahana)

Baca juga: Selfie Seru Bareng Keluarga di Rabbit Town Bandung

Wisata Selfie Rabbit Town

 

6. Situ Patenggang

Situ Patenggang atau yang juga dikenal dengan Situ Patengan merupakan sebuah danau yang memiliki luas 450 Km2. Sejak 2 tahun ke belakang, danau yang berada di kawasan Ciwidey ini memiliki sebuah atraksi baru di salah satu sisinya, atraksi tersebut adalah sebuah kapal phinisi yang disulap menjadi sebuah resto di bagian dalamnya. Selain itu terdapat pula fasilitas glamping (glamour camping) tak jauh dari resto tersebut. Anda pun dapat menyewa perahu-perahu kecil untuk menyeberangi danau hingga ke sebuah pulau yang terdapat sebuah batu yang dinamakan dengan batu cinta.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey-Rancabali
HTM weekdays: Rp18.000
HTM weekend: Rp20.500

Baca juga: Glamping Lakeside, Pesona Keindahan di Sisi Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang Ciwidey

 

7. The Lodge Maribaya

Sama halnya dengan di Situ Patengan, The Lodge Maribaya juga memiliki fasilitas Glamping yang dapat disewa per malam. Selain itu, terdapat pula berbagai spot berfoto yang unik dengan latar belakang hutan pinus yang indah. Anda dapat mengaksesnya melalui Dago Giri ataupun Jl. Raya Lembang.

Alamat: Jl. Maribaya No. 149/252, Cibodas, Lembang
HTM: Rp30.000

Baca juga: The Lodge Maribaya, Camping Modern di Hamparan Pohon Pinus

Fasilitas Glamping di The Lodge Maribaya

8. Dusun Bambu

Dusun Bambu merupakan salah satu tujuan wisata dengan nuansa alam di Bandung yang juga sangat populer sebagai tempat untuk menggelar family gathering. Tempatnya cukup luas dengan fasilitas villa samping danau yang disewakan untuk bermalam. Di samping itu, Dusun Bambu juga memiliki fasilitas restoran yang dikenal nyaman.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi Km 11, Cisarua, Lembang
HTM: Rp25.000

Baca juga: Top 8 Wisata Alam Lembang, Bandung

9. Alun-Alun Bandung

Bagi Anda yang hendak menghabiskan liburan bersama keluarga namun enggan bepergian terlalu jauh, Alun-Alun Bandung ini dapat menjadi alternatif. Sejak direnovasi tahun 2015 lalu, Alun-Alun Bandung kini bagian lapangannya terbuat dari rumput sintetis yang aman untuk anak-anak bermain ataupun sebagai tempat tamasya keluarga. Pengunjung pun dapat naik ke menara Masjid Raya Bandung yang berdampingan dengan area alun-alun. Dari kaca jendela menaranya, Anda dapat melihat pemandangan Kota Bandung ke seluruh penjuru dengan sangat jelas.

Alamat: Jl. Asia Afrika
HTM Menara: Rp7.000

Alun-Alun Bandung

10. Floating Market

Sesuai dengan namanya, floating market mengadopsi konsep pasar terapung di tempatnya. Anda dapat membeli berbagai jajanan yang dijual langsung di atas perahu menggunakan mata uang khusus yang hanya berlaku di tempat ini. Selain pasar terapung, kini floating market memiliki atraksi lain yang bisa dikunjungi, yakni Kota Mini dan Rainbow Garden. Seluruh bunga di Rainbow Garden merupakan edible flower, sehingga Anda tak perlu khawatir bila anak-anak memakan bunga yang ada di sini.

Alamat: Jl. Grand Hotel No. 33E, Lembang
HTM: Rp20.000

Baca juga: Kota Mini dan Rainbow Garden, yang Baru dari Floating Market Lembang Bandung

11. Bird and Bromelia Pavilion

Bird and Bromelia Pavilion memiliki 300 spesies burung yang dapat dikenali. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Pengunjung pun mendapat kesempatan untuk berfoto dengan burung-burung tersebut. Selain itu, terdapat pula sebuah taman yang ditumbuhi oleh tanaman bromelia yang langka.

Alamat: Jl. Akaza Utama No. 9, Pramestha Mountain City, Dago Giri, Bandung
HTM Weekdays: Rp35.000
HTM Weekend: Rp50.000

Baca juga: Wisata Keluarga Seru di Bird and Bromelia Pavilion Bandung

Bird and Bromelia Pavilion

12. Dago Dream Park

Dago Dream Park didirikan di atas areal seluas 12 Hektare dengan kondisi lingkungan yang masih sangat asri. Terdapat pula berbagai wahana unik yang bisa dijadikan tempat berfoto seru bersama keluarga. Beberapa di anataranya ada permadani terbang, serta rumah ala film animasi “UP” yang ternama.

Alamat: Jl. Dago Giri Km 2,2
HTM: Rp30.000

 

13. D’Dieuland

D’Dieuland merupakan sebuah tujuan wisata baru yang terletak di Kawasan Wisata Punclut. Konsep tempatnya sendiri berupa skywalk yang dibangun menyesuaikan dengan bentuk lereng. Tak hanya tempat yang instagrammable, D’Dieuland juga memiliki beberapa tempat asyik yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Di sini juga terdapat beberapa wahana menarik, serta fasilitas outbound yang bisa digunakan oleh anak-anak. Anda pun tak perlu khawatir dengan ketersediaan makanan di sini, beberapa tenant makanan siap membantu memenuhi selera makan Anda.

Alamat: Jl. Pagermaneuh No.57 Ciumbuleuit
HTM: Rp15.000

Baca juga: Main dan Nongkrong Seru di Skywalk D’Dieuland Bandung

D’Dieuland

14. Alun-Alun Cicendo

Alun-Alun Cicendo terbilang taman yang cukup baru di Bandung. Namun, semenjak diresmikan malam tahun baru 2018 lalu, taman ini selalu tak pernah sepi dari pengunjung. Bentuk konstruksinya yang unik menjadikan taman ini banyak disukai sebagai latar berfoto. Selain itu, di sekeliling Alun-Alun Cicendo ini terdapat pula beberapa wahana dan atraksi yang dapat dicoba oleh anak-anak.

Alamat: Pertigaan Jl. Arjuna-Jl. Aruna-Jl. Jatayu
HTM: Free

Aneka Wahana Anak di Alun-Alun Cicendo

15. Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari terletak di kawasan Bandung bagian selatan. Di dalam kawasannya terdapat berbagai atraksi dan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari penangkaran rusa, danau buatan, flying fox, sampai dengan waterpark.

Alamat: Jl. Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah
HTM Kampung Batu: Rp10.000
HTM Waterpark: Rp50.000

Baca juga: Kampung Batu Malakasari, Tujuan Tamasya Keluarga Favorite di Bandung Selatan

Wahana Flying Fox di Kampung Batu Malakasari

16. Farmhouse Lembang

Tempat wisata Farmhouse Lembang menghadirkan suasana peternakan New Zealand ke dataran tinggi Lembang, Bandung. Mulai dari arsitektur bangunannya, hewannya, hingga pakaian khas yang disewakan pengunjung untuk berfoto.

Alamat: Jl. Raya Lembang No. 108
HTM: Rp25.000 (dapat ditukar dengan produk susu atau sosis)

Baca juga:Farm House Magnet Wisata Baru di Lembang, Bandung Barat

Suasana di Farmhouse Lembang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here