Beranda Akomodasi Pemandian Air Panas Ciwalini yang Menyegarkan

Pemandian Air Panas Ciwalini yang Menyegarkan

62
Ilustrasi Perkebunan Teh di Bandung Selatan.

Ciwidey merupakan kawasan Bandung Selatan yang memiliki beragam wanawisata alam yang unik dan kreatif, diselimuti udara yang sejuk serta hamparan perkebunan teh nan hijau yang asri. Wanawisata ini menawarkan objek wisata pemandian air panas yang berada di kawasan Ciwidey, seperti Kampung Cai Ranca Upas dan Pemandian Air Panas Cimanggu.

Wanawisata favorit dengan objek wisata pemandian air panas Ciwalini ini, berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Pemandian air panas Ciwalini sudah ada sejak tahun 1937 dan mulai dikelola untuk dijadikan tempat wisata pada tahun 1993 silam. Tempat ini cocok untuk para wisatawan yang menginginkan sebuah tempat wisata yang sejuk dan tenang. Dikelilingi oleh perkebunan teh PTPN VIII Rancabali dengan ketinggian 1550 mdpl, membuat udara di sekitar Ciwalini sangat sejuk dan menyegarkan.

Baca juga: Mencari Udara Segar di Atas Ketinggian Barusen Hills Ciwidey

Terdapat 3 kolam renang dengan sumber mata air dari Gunung Patuha yang lokasinya dekat dengan Kawah Putih dan Kawah Rengganis, dengan kejernihan air berwarna kebiru-biruan. Oleh karena sumber airnya berasal dari gunung, kandungan belerang dalam air panas alami di Ciwalini ini sangat tinggi dan bagus untuk terapi penyakit kulit atau merelaksasi tubuh yang sudah lelah menjalankan aktivitas kerja setiap hari.

Kolam-kolam tersebut dibagi sesuai dengan usia pengunjung. Kolam pertama untuk anak-anak yang dalamnya hanya 0,5 meter dilengkapi dengan perosotan kecil untuk bermain. Kolam kedua untuk orang dewasa yang dalamnya 1 hingga 1,5 meter, dan kolam ketiga juga untuk orang dewasa. Namun yang membedakan adalah kolam yang ketiga ini dilengkapi dengan waterboom dan perosotan khusus untuk dewasa.

Baca juga: Liburan Menyenangkan di Kampung Cai Ranca Upas

Bagi wisatawan yang ingin berendam dengan rileks dan santai di tempat tertutup, terdapat kolam rendam tertutup dan tidak terlalu ramai. Fasilitas di wanawisata ini sudah lengkap demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung, seperti gazebo, kolam terapi ikan, mushola, toilet, tempat parkir dan penginapan yang disewakan, seperti Bungalow Ciwalini yang terbuat dari batang dan anyaman bambu.

Jam operasional Pemandian Air Panas Ciwalini setiap hari dibuka mulai pukul 07.00-17.00 wib, kecuali weekend dibuka 1 jam lebih awal. Harga tiket yang harus dibayar para wisatawan untuk bisa memasuki wanawisata ini seharga Rp. 20.000,-/orang, tidak termasuk biaya parkir kendaraan. Selain pemandian air panas, tersedia juga wahana adventure seperti Motor Cros Mini 30 CC, ATV 90 CC, ATV Tea Tour 260 CC, Tour Bersepeda, Flying Fox, Trampoline, Boogie dan Tea walk. Untuk menikmati wahana ini, para wisatawan harus membayar tiket di luar tiket masuk untuk pemandian air panas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here