Beranda Berita Semarak Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Bandung

Semarak Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Bandung

4988
Chinese New Year (freepik.com)

Nuansa perayaan tahun baru Imlek 2571 mendatang di Indonesia yang akan jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 sudah mulai terlihat. Beberapa pusat keramaian seperti mall dan hotel di kota Bandung telah dihiasi dengan lampu-lampu lampion dan pernak-pernik khas Imlek lainnya.

Imlek atau Sin Cia merupakan Tahun Baru Tionghoa yang erat kaitannya dengan pesta perayaan datangnya musim semi. Menurut sejarahnya, perayaan ini biasa dilakukan oleh para petani di Tiongkok pada awal tahun baru yang dilakukan selama dua minggu-an. Pada akhir perayaan Imlek ini biasanya digelar Cap Go Meh, seperti yang kita saksikan di Singkawang, Kalimantan Barat. Oleh karena itu, kebanyakan yang merayakan Imlek ini adalah warga Tionghoa.

Baca juga: 

Cita Rasa Legendaris Kue Keranjang Tek Kie dari Bandung

Wisata Pecinan Ala Chinatown Bandung

Kata Imlek sendiri berasal dari dialek Hokkian yang berarti Im (bulan), Lek (penanggalan) atau kalender bulan. Perayaan Imlek yang merupakan tradisi pergantian tahun menurut kalender bulan (lunar year) tersebut meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta, dan perayaan Cap Go Meh. Tujuannya adalah sebagai bentuk bersyukur yang diiringi dengan doa dan harapan agar di tahun mendatang memperoleh rejeki berlimpah. Selain itu, juga untuk menjamu leluhur dan sebagai sarana penyambung tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Berikut adalah beberapa acara dan paket yang tersedia dalam rangka menyambut tahun baru Imlek di kota Bandung pada hari Jumat, 24 Januari 2020 sore hingga malam.

Harris Hotel Festival Citylink Bandung

Menggelar gala dinner Imlek untuk keluarga dengan menghadirkan menu makanan penutup yang cukup unik, yaitu Koi Fish Young Coconut Pudding atau Pudding Koi.

Holiday Inn Bandung Pasteur

Menawarkan sajian spesial khas Tiongkok, diantaranya Beef Mongolian BBQ, Roasted Peking Duck dan Dim Sum. Selain itu, akan dimeriahkan dengan chinese music, barongsai dan fortune teller

Grand Mercure Bandung Setiabudi

Jing Paradise Chinese Fine Dining menghadirkan paket Chinese New Year yang terdiri dari 3 set menu, yaitu Prosperity Set Menu, Fortune Set Menu, dan Auspicious Set Menu dengan harga yang bervariasi per meja. Tersedia juga 2 set menu take-away untuk 5 orang dan untuk 10 orang yang terdiri dari golden abalone treasure pot + reunion abalone clam dan salmon yu sheng

Acara akan dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai spektakuler, live oriental music Er Hu dan Gu Zheng performance, 1 keping Chinese Zodiac Gold Coin Mouse per meja, fireworks, dan atraksi Yu Sheng. 

Baca juga: Mengintip Isi Museum Kebudayaan Tionghoa di Bandung

Crowne Plaza Bandung

Menyajikan Lunar New Year’s Eve Buffet Dinner di Mosaic All Day Dining Restaurant pada pukul 18.30 – 22.00 WIB dengan sajian khas Imlek, seperti Roasted Peking Duck, Live BBQ, aneka Asian menu, dan aneka Dim Sum Station yang dibuat oleh oleh chef spesialis Dim Sum.

Swiss-Belresort Dago Heritage Bandung

Memiliki penawaran paket spesial untuk Anda merayakan Tahun Baru Imlek 2020 bersama keluarga, teman atau kerabat, yaitu paket menginap selama 3 hari 2 malam di Kamar Deluxe sudah termasuk sarapan buffet untuk 2 orang dengan suasana oriental, buffet malam Tahun Baru Imlek termasuk Yee Shang dan Fortune Cookies, dan pertunjukan Barongsai Chinese New Year Dinner. Paket juga sudah termasuk Saturday BBQ pada 25 Januari 2020 dan akses Tiket Gratis ke Chinatown Bandung untuk 2 orang.

Hilton Bandung

Mempersembahkan pengalaman bersantap mewah bersama keluarga di Purnawarman Restaurant dan Ballroom sambil menikmati sajian Lion Dance dan pertunjukan lainnya. Tersedia pula Chinese Set Menu di Function Room.

Baca juga: Di Balik Nuansa Merah Masjid Lautze 2

De Braga by Artotel

Menggelar “Pecinan at The Braga” pada malam tanggal 24 Januari 2020 mulai pukul 18.00. Juga digelar “Chinatown Street Foods” all you can eat. Acara juga dimeriahkan dengan lucky free, dan lomba karaoke lagu Mandarin.

Courtyard by Marriott Bandung Dago

Merayakan pergantian tahun baru lunar dan menyambut tahun tikus logam di MoMo Cafe – Courtyard by Marriott Bandung Dago, 24 Januari 2020 mulai pukul 18:30 WIB dengan menikmati aneka sajian spesial serta pertunjukan barong, wushu, dan masih banyak lagi.

Hotel Savoy Homann

Memberikan penawaran paket all you can eat makan malam Tahun Baru Imlek 2020 di Hotel Savoy Homann pada Sabtu, 25 Januari 2020 pukul 18:00 – 22:00 di Garden Restaurant. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan spesial Barongsai & Band Akustik.

Prama Grand Preanger

Menawarkan paket menginap selama tahun baru Imlek 24-26 Januari 2020 dengan special price dan juga Imlek Dinner Buffet di Preanger Brasserie pada 25 Januari 2020. Dapatkan Lucky Dip Angpao dan Barongsai Show.

Novotel Bandung

Menggelar Chinese New Year – Forbidden City yang dilengkapi dengan menu kuliner khas Imlek di The Square Restaurant pada hari Jumat, 24 Januari 2019 mulai pukul 18.30. Acara akan dimeriahkan dengan Live Music Performance, Fortune Cookies, Fortune Teller, Lucky Angpao dan juga Barongsai performance “Atraksi Barongsai Tonggak Patok” dan “Atraksi Wushu” dari Long Qing Indonesia.

The Amaroossa Hotel Bandung

Menyiapkan banyak angpao untuk para tamu yang ingin menginap berupa paket promo “Angpao Rates”. PAket sudah termasuk makan malam untuk dua orang dengan menu khas Imlek di The Roses Coffee Shop, dan pada hari minggu anak-anak bisa mengikuti acara Little Chef.

InterContinental Bandung Dago

Menampilkan famous singer Yuni Shara, Lion Dance, Chinese Dancer, dan Dragon Dance di Grand Ballroom pada Jumat, 24 Januari 2020 mulai pukul 18.00. Tersedia pula set menu dinner per meja untuk 10 orang dan buffet dinner.

Hotel De Paviljoen Bandung

Menampilkan pentas Bian Lian “Tari Seribu Wajah”, barongsai dan wushu menyambut tahun tikus logam yang menjadi simbol Tahun Baru China 2020. Hotel De Paviljoen Bandung juga menawarkan promo Lunar Eve Dinner pada tanggal 24 January 2020 dengan sajian menu khas Imlek.

Jalan Cibadak Bandung

Imlek Cibadak Festival di sepanjang jalan Cibadak pada tanggal 8-9 Februari 2020 menampilkan kuliner, fashion community & multi product festival.

Baca juga: Kemeriahan Perayaan Cap Go Meh di Jalan Cibadak Bandung

Dago Dreampark

Gelaran pertunjukan Barongsai, Lucky Angpao, Photobooth challenge dan berbagai hadiah menarik lain pada hari Minggu tanggal 26 Januari 2020.

Istana BEC

Menggelar “From Shanghai With Love” mulai 23 Januari – 16 Februari 2020 di Atrium USL Floor Istana BEC dimeriahkan dengan BARONGSAI TONGGAK (25 & 26/1/2020), BARONGSAI LANTAI (1 & 9/2/2020), Wushu (2/2/2020), Chinese Traditional Music (26/1 & 1/2/2020), Tarian Seribu Tangan & Kipas (25/1 & 8/2/2020), dan lain-lain.

Metro Indah Mall

Menggelar Oriental Festival dimeriahkan dengan Banjir Bola Session 2 (17/1 – 16/2/2020), Tarian Kipas Performance (9/2/2020 @Lt GF Atrium Metro Indah Mall), Barongsai Liong Performance, Atraksi Barongsai di area banjir bola, Barongsai Tonggak Performance (26/1 – 9/2/ 2020).

Ujungberung Town Square

Mengadakan Art Performance Barongsai pada hari Minggu, 26 Januari 2020.

Grand Yogya Kepatihan

Barongsai Perfomance pada hari Minggu, 19 & 26 Januari 2020 pukul 13.00 WIB di area Expose Centrum Lt. 5.

Braga Citywalk

Mempersembahkan “Prosperity Love & Romance” dengan rangkaian acara  Fashion Design with UPI, Puteri Remaja & Puteri Cilik Indonesia with Prove Production, Barongsai Tonggak & Liong Performance with Blast (25 – 26/1/2020 & 8/2/2020), dan lain-lain.

23 Paskal Shopping Center

Menghadirkan Anne Avantie PASAR TIBAN Karya Anak Negeri bertema “KAMPOENG IMLEK” pada tanggal 28 Januari – 2 Februari 2020 bertempat di Main Atrium. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here