Beranda Akomodasi 5 Cara Seru Menghabiskan Liburan di Ciwidey Bandung

5 Cara Seru Menghabiskan Liburan di Ciwidey Bandung

646

Bentang alam Bandung Raya memang istimewa, daerahnya yang berbentuk cekungan dan dikelilingi oleh pegunungan menjadikannya memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Bila di utara terdapat Lembang yang menyajikan ragam wisata dataran tingginya, wilayah selatan pun memiliki Ciwidey yang tak kalah menarik untuk dijadikan tujuan wisata saat berlibur di Bandung. Penasaran dengan wisata apa saja yang dapat dikunjungi di Ciwidey? Yuk, simak 5 cara seru berikut untuk menghabiskan liburan Anda di Ciwidey :

1. Mengunjungi Penangkaran Rusa di Ranca Upas

Pernah melihat penyanyi cantik Raisa mengunggah foto-fotonya yang sedang bermain bersama rusa di Instagram? Di sinilah ia mengambil foto-foto tersebut. Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp. 15.000 untuk masuk ke area Ranca Upas. Selain terkenal sebagai tempat untuk berkemah, memang belakangan Ranca Upas kian ramai diperbincangkan sebagai tempat untuk berfoto dengan rusa. Anda dapat membeli makanan untuk diberikan langsung kepada rusa-rusa tersebut dengan membayar Rp.10.000 saja.

ciwidey_01
Memberi makan rusa

2. Bersantai di Pinisi Resto dan Glamping Lakeside Situ Patengan

Sejak dulu memang Situ Patengan ini sudah terkenal dengan keindahan danaunya yang luar biasa. Selain itu batu cinta yang memiliki mitos dapat memberikan keabadian cinta pada pasangan yang berkunjung menjadi salah satu daya tariknya. Namun beberapa bulan ke belakang Situ Patengan kemudian semakin ramai dikunjungi karena keberadaan sebuah perahu raksasa di salah satu pinggiran danau. Perahu tersebut merupakan restaurant yang dibentuk sangat mirip dengan sebuah perahu yang diberi nama Pinisi Resto. Di lokasi lain di samping danau, Anda juga dapat merasakan pengalaman glamping (Glamour Camping) yang mengasyikkan. Untuk memasuki area wisata ini, Anda diharuskan membayar tiket seharga Rp.20.000 per orang. Dan tentunya ada biaya tambahan bila Anda tertarik untuk menyusuri danau menggunakan perahu ataupun mencoba menginap di fasilitas glamping.

Baca juga: Glamping Lakeside, Pesona Keindahan di Sisi Situ Patenggang Bandung

ciwidey_03
Pinisi Resto

3. Berendam di Kawah Rengganis

Saat liburan akhir tahun 2016 lalu, Walikota Ridwan Kamil sempat mengunggah sebuah video wisata keluarga yang menunjukkan sebuah kawah dengan fasilitas pemandian air panasnya. Kawah tersebut dinamakan dengan Kawah Rengganis yang letaknya tak jauh dari Situ Patengan. Dibandingkan dengan Kawah Putih, konsentrasi belerangnya memang tak terlalu besar, ditambah sebuah sungai yang langsung melintasi areal kawah membuat lokasi wisata yang satu ini memiliki pemandian air panas yang alami dan baik untuk tubuh. Karena jalur menuju kawah tak dapat dilintasi mobil, untuk dapat mencapai areal kawah membutuhkan sekitar 30 menit jalan kaki atau dapat menyewa jasa ojek dari gerbang masuk. Untuk dapat menikmati fasilitas pemandian di Kawah Rengganis ini, Anda cukup membayar Rp. 10.000. Anda juga dapat membeli masker lumpur yang memiliki khasiat untuk kulit dengan membelinya seharga Rp.5.000 per botol.

Baca juga: Berendam Air Panas Langsung Dari Sumbernya di Kawah Rengganis Bandung

ciwidey_06
Kawah Rengganis

4. Berfoto Bersama Panorama Perkebunan Teh Rancabali

Kawasan sepanjang Jl. Ciwidey-Patengan memang terdiri dari hamparan perkebunan teh yang sangat luas dan masih aktif berproduksi bernama Perkebunan Teh Rancabali. Jalan-jalan kecil yang dibuat di tengah-tengah perkebunan teh tersebut membentuk panorama alam yang sangat memanjakan mata. Saat Anda melintasi satu tempat wisata menuju ke tempat wisata lainnya, dijamin Anda takkan kuasa untuk menghentikan kendaraan sesaat dan mengambil satu atau dua foto sebagai kenang-kenangan. Tentunya untuk memasuki Perkebunan Teh ini tidak membutuhkan biaya sedikitpun asalkan tidak merusak tanaman teh yang berada di sekitarnya.

ciwidey_09
Perkebunan Teh

5. Menikmati Keindahan Kawah Putih Yang Menakjubkan

Kawah Putih ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada jaman dahulu kala. Walaupun dinamakan Kawah Putih, terkadang air kawah ini memang terlihat berwarna hijau tosca. Namun saat kabut mulai turun memenuhi area ini, warna air di permukaan kawah tersebut akan mulai berubah menjadi warna putih dan akan terlihat sangat cantik. Fenomena alam inilah yang membuat Kawah Putih menjadi primadona wisata di Ciwidey. Untuk dapat mengunjungi wisata Kawah Putih, Anda dapat membayar tiket seharga Rp.35.000 rupiah yang sudah termasuk shuttle car yang dapat dinaiki pulang-pergi antara gerbang masuk dan areal kawah yang jaraknya lumayan jauh.

ciwidey_08
Kawah Putih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here