Beranda Atraksi Wisata Rekomendasi Museum-Museum Keren di Bandung

Rekomendasi Museum-Museum Keren di Bandung

215
Museum Kota Bandung

Selain memiliki banyak sekali tujuan wisata alam dan kuliner, ternyata Kota Bandung juga memiliki banyak museum yang bisa menjadi tujuan alternatif Anda bersama keluarga. Selain bisa bersenang-senang, di museum juga akan menambah pengetahuan Anda tentang banyak hal, khususnya tentang sejarah Kota Bandung sendiri. Anda bisa menemukan dengan mudah museum-museum ini karena lokasinya yang ada di daerah yang terjangkau oleh wisatawan. Berikut ini kami dia rekomendasi Museum di Kota Bandung.

  1. Museum Kota Bandung

Museum ini wajib Anda kunjungi ketika berada di kota kembang ini. Di Museum Kota Bandung, Anda bisa mengetahui bagaimana sejarah dari awal terbentuknya Kota Bandung dan juga perkembangannya hingga saat ini. Museum ini memakai gedung peninggalan Belanda yang bersejarah sehingga suasana nostalgia akan didapatkan oleh pengunjung. Banyak juga dokumen-dokumen penting milik Kota Bandung yang bisa Anda lihat di museum yang berada di Jl. Aceh No. 47 ini.

Jam Operasional : Senin-Jumat, 08:00-16:00. Sabtu-Minggu, 09:00-16:00; Sabtu-Minggu, 09:00-17:00 (kunjungan terakhir 30 menit sebelumnya). Tutup pada hari libur nasional

Baca juga: Lebih Dekat Dengan ‘Parijs van Java’ Melalui Museum Kota Bandung

Harga Tiket : Gratis

Museum Gedung Sate
  1. Museum Gedung Sate

Gedung sate merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Bandung yang saat ini menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Jika Anda penasaran dengan sejarah berdirinya gedung ini, Anda bisa mengunjungi Museum Gedung Sate yang berlokasi di komplek Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung. Tak sekedar museum, Museum Gedung Sate juga didukung oleh teknologi canggih, sehingga pengunjung akan semakin betah berada di sini.

Jam Operasional: Selasa-Minggu 09:30-16:00, Senin tutup

Baca juga: Mengintip Kecanggihan Isi Museum Gedung Sate di Bandung

Harga Tiket: Rp. 5.000

Museum Geologi
  1. Museum Geologi

Siapa yang tidak tau tentang museum yang satu ini? Museum geologi merupakan salah satu tujuan wajib ketika berada di Bandung. Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki banyak koleksi bebatuan dari seluruh dunia. Selain itu, Anda bisa menemukan replika fosil-fosil hewan dari yang berukuran kecil, hingga yang berukuran besar. Selain itu, Ada beberapa permainan yang akan menghibur Anda selama berada di museum ini. Museum Geologi sendiri beralamat di Jl. Diponegoro No. 57, Kota Bandung.

Jam Operasional: Senin-Kamis 08:00-16:00, Sabtu-Minggu 08:00-14:00

Harga Tiket: Pelajar atau Mahasiswa Rp. 2.000, Wisatawan Domestik Rp. 3.000, Wisatawan Asing 10.000

Baca juga: Jalan-Jalan Seru di Museum Geologi Bandung Malam Hari dalam “Night at the Museum”

Museum Konferensi Asia Afrika
  1. Museum Konferensi Asia Afrika

Bandung merupakan kota dimana Konferensi Asia Afrika diselenggarakan. Untuk memperingatinya, dibangun lah museum ini untuk memberikan informasi terkait konfrensi ini kepada masyarakat. Beberapa benda dan dokumen yang dipajang di sini adalah merupakan benda asli dari saat konferensi ini digelar. Gedung Museum Konferensi Asia Afrika beralamat di Jl. Asia Afrika No. 65, Kota Bandung

Jam Operasional: Sabtu-Kamis 08:00-16:00, Jumat 14:00-16:00

Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Tambah Wawasan Sejarah di Museum KAA Bandung

Museum Pendidikan Nasional
  1. Museum Pendidikan Nasional

Sesuai dengan namanya, museum ini berada di komplek Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jl. DR. Setiabudi No. 229, Kota Bandung. Museum ini dibangun bertujuan untuk melestarikan budaya-budaya Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan. Gedungnya sendiri memiliki lima lantai, yang setiap lantainya memiliki tema yang berbeda-beda. Mulai dari perkembangan pendidikan sejak jaman pra-sejarah, hingga sejarah dari kampus UPI.

Jam Operasional: Senin-Jumat 09:00-15:00, Sabtu-Minggu tutup

Harga Tiket: Rp. 5.000

Baca juga: Wisata Pendidikan Keluarga di Museum Pendidikan Nasional Bandung

Museum Mandala Wangsit Siliwangi
  1. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi adalah museum militer yang ada di Kota Bandung. Beberapa koleksi yang dipajang adalah peralatan perang yang digunakan oleh pasukan Siliwangi di masa penjajahan dahulu. Selain itu, ada juga pemaparan tentang beberapa sejarah militer yang ada di Jawa Barat. Museum ini diresmikan pada 23 Mei 1966 oleh panglima divisi siliwangi yaitu Kolonel Ibrahim Adjie. Museum ini beralamat di Jl. Lembong No. 38, Kota Bandung.

Jam Operasional: Senin-Jumat 08:00-15:00, Sabtu-Minggu tutup

Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Menyusuri Jejak Perjuangan Pasukan Siliwangi di Museum Mandala Wangsit Bandung

  1. Museum Sri Baduga

Penasaran dengan budaya masyarakat Sunda? Anda bisa mengunjungi Museum Sri Baduga di  Jl. BKR No. 185, Kota Bandung. Museum ini adalah suatu bukti tanda cinta masyarakat terhadap budaya Sunda. Bangunan museum ini menggunakan gaya panggung bersuhunan panjang khas sunda. Isi dari museum ini pun merupakan benda-benda pusaka Sunda yang tidak ternilai harganya. Museum ini memiliki 3 lantai yang isi setiap lantainya berbeda-beda. Lantai satu berisi perkembangan sejarah dan budaya di Jawa Barat. Sedangkan, di lantai dua memamerkan koleksi dari kehidupan dan kebudayaan di masa lalu. Untuk lantai yang terakhir, berisi koleksi etnografis. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak museum, yaitu perpustakaan dan juga Auditorium.

Jam Operasional: Selasa-Jumat 08:00-16:00, Sabtu-Minggu 08:00-12:00, Senin tutup

Harga Tiket: Anak, Pelajar (TK, SD, SMP) Rp. 2.000, Dewasa, Mahasiswa, SMA Sederajat Rp. 3.000

Museum Pos Indonesia
  1. Museum Pos Indonesia

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang wajib didatangi jika Anda seorang filatelis. Museum ini telah berdiri semenjak zaman pemerintahan Belanda tepatnya pada tahun 1933. Namun, setelah terbengkalai selama beberapa tahun, akhirnya perum POS dan Giro mengambil alih museum ini, dan kembali dibuka pada tahun 1983. Museum ini memiliki ribuan koleksi perangko dari berbagai negara, serta diorama sejarah tentang pos Indonesia. Jika Anda ingin mengunjungi Museum Pos ini, museum ini berada di Jl. Cilaki No. 73, Kota Bandung.

Jam Operasional: Senin-Jumat 08:00-16:00, Sabtu 09:00-13:00, Minggu tutup

Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Melihat Ratusan Ribu Koleksi Perangko dan Benda Pos Bersejarah di Museum Pos Indonesia Bandung

Museum Perbendaharaan
  1. Museum Perbendaharaan Bandung

Museum ini adalah satu-satunya museum milik kementrian keuangan yang terdapat di Kota Bandung. Museum ini bisa menjadi salah satu wisata edukatif tentang bagaimana pengelolaan keuangan negara, khususnya di Indonesia. Museum ini dibuka untuk umum pada tahun 2016. Banyak barang dan dokumen yang berkaitan tentang perbendaharaan negara. Museum ini ada di gedung Dwiwarna yang juga memiliki sejarah tersendiri, berada di Jl. Diponegoro No. 45B, Kota Bandung.

Jam Operasional : Setiap hari, mulai buka dari jam 09.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket : Gratis

Museum Preanger
  1. Museum Preanger

Sesuai dengan namanya, museum ini berada di lantai basement Hotel Prama Grand Preanger Bandung. Di dalamnya terdapat infografis mengenai tokoh-tokoh ternama dunia yang pernah mengunjungi hotel ini di masa lampau, seperti Charlie Chaplin dan Amelia Earheart. Sementara itu di bagian lainnya juga terdapat sebuah ruangan khusus yang menceritakan tentang arsitek yang juga merancang hotel tersebut yakni Charles Prosper Wolff Schoemaker. Ia cukup banyak merancang berbagai bangunan bersejarah di Bandung. Tertarik mengunjungi museum ini? Anda bisa berkunjung ke lantai dasar Hotel Prama Grand Preanger Bandung, Jl. Asia Afrika No. 81, Kota Bandung.

Jam Operasional: Setiap hari jam 09:00 – 17:00 (dengan menghubungi staf receptionist terlebih dahulu)

Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Menengok Isi dari Museum Preanger Bandung

  1. Museum Puspa IPTEK

Tempat yang berada di Kota Baru Parahyangan ini merupakan wisata edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak. Museum ini juga mendapat rekor MURI sebagai jam matahari terbesar yang ada di Indonesia. Museum yang diresmikan pada tahun 2012 ini diisi dengan lebih dari 180 alat peraga interaktif sehingga pengunjung dapat mencoba sendiri alat peraga sains tersebut.

Jam Operasional : Senin – Minggu 08:30-16:30

Harga Tiket: Rp. 12.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here