Beranda Atraksi Wisata Lebih Dekat Dengan ‘Parijs van Java’ Melalui Museum Kota Bandung

Lebih Dekat Dengan ‘Parijs van Java’ Melalui Museum Kota Bandung

183
Ruangan Utama di Museum Kota Bandung.

Sejak pemerintahan Kolonial Belanda, Kota Bandung telah dijuluki sebagai “Parijs van Java” yang berarti Kota Paris dari Pulau Jawa. Udaranya yang dingin, deretan bangunan bergaya Eropa, serta munculnya toko-toko yang menjual fashion modern saat itu, menjadi beberapa alasannya. Dalam buku berjudul “Wajah Bandoeng Tempo Doeloe” yang ditulis Haryoto Kunto, terdapat penjelasan yang mengatakan bahwa istilah “Parijs van Java” menjadi sangat populer saat digunakan untuk mempromosikan sebuah acara tahunan di Bandung bernama Jaarbeurs. Menginjak usianya yang ke-208 pada tahun ini, akhirnya warga maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Parijs van Java dapat mengenal lebih dekat kota tersebut melalui Museum Kota Bandung.

Sebenarnya, Museum Kota Bandung ini sudah mulai dicanangkan pembangunannya sejak tahun 2015 lalu. Namun karena cukup banyaknya materi dan konsep yang harus dikaji terlebih dahulu, maka museum ini baru dapat diresmikan pada 31 Oktober 2018. Bangunan utamanya sendiri memanfaatkan sebuah bangunan cagar budaya yang sebelumnya berfungsi sebagai bangunan Frobbelschool. Selain itu, terdapat pula sebuah bangunan baru yang ditambahkan di bagian belakangnya yang saat ini masih dalam tahap pematangan konten. Nantinya bangunan baru tersebut akan menjadi tempat memamerkan produk budaya dari Kota Bandung.

Bagian Luar Bangunan Museum Kota Bandung.

Bangunan utama museum Kota Bandung ini memiliki dua ruangan besar yang dihiasi beragam infografis mengenai sejarah Kota Bandung, mulai dari asal mula Kota Bandung, lini masa pembangunan dan peristiwa yang terjadi, hingga cerita tentang tokoh-tokoh yang berjasa dalam membangun kota ini. Materi-materi yang disajikan pun dikemas dengan rancangan visual yang baik, sehingga dapat menjadi sarana edukasi yang atraktif.

Hermawan Rianto, Ketua Museum Kota Bandung mengatakan, “Tujuan utama didirikannya museum ini agar warga mampu memahami kotanya. Karena selama ini, di perpustakaan umum tidak banyak memuat sejarah lengkap mengenai berdirinya Kota Bandung.”

Bagi Anda yang ingin mampir dan melihat langsung informasi menarik yang disajikan oleh Museum Kota Bandung dapat langsung merapat ke Jl. Aceh No. 51. Untuk kunjungannya sendiri, sama sekali tak dipungut biaya apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here