Beranda Bandung Kota Traveling Hemat ke Bandung Ala Backpacker

Traveling Hemat ke Bandung Ala Backpacker

225
Traveling Hemat ala YourBandung

Untuk kamu yang berada di luar Bandung dan berniat traveling ke kota berjuluk Parijs van Java ini dengan budget hemat, kamu bisa menyiasati pengeluaran dengan cara-cara ala backpacker. Mulai dari mencari informasi tentang promo harga tiket, atau cara-cara asyik tapi tetap mengesankan dan tanpa ribet selama berada di Bandung. Bagaimana caranya? Berikut tips traveling hemat bila kamu datang ke Bandung:

1. Pilih moda transportasi menuju Bandung yang sesuai budget dan kebutuhan

Akses menuju Bandung cukup banyak. Jika dari arah jabodetabek, kamu bisa menggunakan bus, travel atau pun kereta. Pilihlah waktu dan jadwal yang pas. Sebagai gambaran, jika menggunakan bus AC dari Tanjung Priok menuju Bandung (Leuwipanjang), kamu cukup membayar Rp 68.000 saja. Bila menggunakan kereta Serayu kelas Ekonomi dari Gambir menuju Stasiun Bandung, tiket bisa ditebus dengan harga Rp 67.000. Biaya bisa lebih murah jika kamu rajin update dan mencari informasi tentang promo tiket. Harga dan pilihan transportasi ini bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu.

Baca juga: Makin Nyaman Berkereta ke Bandung Dengan KA Argo Parahyangan New Image

2. Memilih penginapan strategis dengan harga terjangkau

Ada beberapa penginapan dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih saat kamu traveling ke Bandung. Selain harga yang murah, pertimbangan lain yang mesti kamu pilih adalah letaknya yang strategis. Araya Huis Homestay bisa jadi pilihan. Harganya tak lebih dari Rp. 100.000/malam. Letaknya yang dekat ke pusat kota ( Jalan Belakang Pasar No 110 ) membuat kamu mudah untuk pergi ke mana-mana. Selain itu, kamu bisa juga memilih Pinisi Backpapker Hostel, Chez-Bon Hostel, Gado-Gadu Hostel atau Neo Moritz Homestay sebagai alternatif tempat menginap lain. Dengan harga murah dan strategis, penginapan-penginapan tersebut bisa menjadi tempat terbaik kamu beristirahat untuk mengawali travelingmu di Kota Bandung. Namun, usahakan untuk memesan room yang kamu inginkan dari jauh-jauh hari, penginapan murah seperti ini tentu banyak diincar wisatawan lainnya.

3. Berjalan kaki di sekitar pusat kota sambil menikmati suasananya

Setelah sampai di Bandung, kamu bisa mengeksplore destinasi yang ada di Bandung sesuka hati. Menjelajah sekitar pusat Kota Bandung dengan cara berjalan kaki bisa menjadi pilihan. Ada keasyikan tersendiri saat kamu menelusuri Kota Bandung dengan berjalan kaki. Apalagi di pusat Kota Bandung ini kamu akan melihat sederet bangunan-bangunan tua bersejarah yang memiliki nilai historis. Selain Alun-alun, kamu bisa bergerak menuju Gedung Merdeka, De Vries, Hotel Homann, Hotel Preanger, dan tentu saja yang tak boleh terlewatkan adalah Jalan Braga. Kamu juga bisa berswafoto di spot-spot yang kamu anggap menarik. Tak menutup kemungkinan juga kamu akan bertegur sapa dan mendapatkan kenalan baru. Selain hemat secara biaya, jalan kaki di pusat Kota Bandung juga akan membuat kamu merasa lebih dekat dengan Bandung.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong Asik di Bandung

4. Menjelajah Bandung memakai sepeda Boseh

Berkeliling Bandung dengan menggunakan sepeda Boseh (Bike On Street, Everybody Happy) layak kamu coba saat traveling ke Bandung. Sebelumnya kamu harus registrasi terlebih dahulu. Dengan tarif 1000/jam dan Rp. 2000 di jam berikutnya, kamu bisa menjelajah penjuru Bandung seharian. Apalagi shelter Boseh ini sudah banyak di beberapa titik Kota Bandung. Untuk bersepedah ini, kawasan Dago dan Jl. Riau yang berada di Bandung bagian utara tentunya dapat menjadi pilihan. Masih banyaknya pepohonan di daerah tersebut membuat travelingmu dengan cara bersepeda akan terasa mengasyikkan. Bisa jadi kamu akan mendapatkan kejutan-kejutan di sepanjang perjalanan. Selain Boseh, kamu juga bisa menggunakan fasilitas bike sharing melalui aplikasi smartphone Obike ataupun menyewa sepeda-sepeda yang telah disediakan di hotel-hotel.

Baca juga: Ini Dia yang Baru dari Fasilitas Bike Sharing BOSEH di Bandung

Baca juga: Bersepeda Bersama oBike, Bike Sharing Ternama Dunia yang Hadir di Bandung

5. Menikmati jajanan tradisional di pinggir jalan

Traveling hemat ke Bandung bukan berarti tidak boleh mencicipi jajanan tradisionalnya. Banyak jajanan tradisional yang dijajakan di pinggir jalan dengan gaya streetfood. Tak jarang justru rasanya lebih enak dari resto-resto populer. Kamu bisa menikmati jajanan tradisional yang sudah lekat dan identik dengan Bandung seperti cilok, bandros, surabi dan masih banyak lagi dengan harga yang tentunya pas di kantong. Jajanan-jajanan tersebut masih bisa kamu temukan di sudut-sudut Kota Bandung seperti di daerah Cibeunying, Cihapit, dan kawasan sekitarnya.

Baca juga: Cari Jajanan Tradisional di Bandung? Di Sini Pusatnya!

Baca juga: Cari Jajanan Malam Murah Meriah di Bandung? Yuk Mampir ke 3 Kawasan Ini

Saat hendak traveling ke Bandung, pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

Tips traveling seperti yang telah disebutkan tadi akan memberi kesan tersendiri. Selain lebih hemat, kamu juga akan merasa lebih dekat dengan objek dan lebih bebas menjelajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here