Beranda Lembang Menikmati Pesona Alam Hutan Pinus dan Air Terjun di Wanawisata Curug Layung...

Menikmati Pesona Alam Hutan Pinus dan Air Terjun di Wanawisata Curug Layung Bandung

1289
Wanawisata Curug Layung

Terletak di antara pegunungan, tentu Bandung memiliki beragam destinasi wisata alam yang tiada habisnya. Wisata alam yang tersaji berupa hutan, air terjun, sungai, dan lain sebagainya. Memang tak cukup satu hari jika ingin menikmati semuanya. Akan tetapi, Bandung punya satu lokasi wisata yang mencakup lebih dari satu rupa alam tersebut. Anda bisa menikmati pesona alam hutan pinus dan air terjun di Wanawisata Curug Layung.

Meski namanya Curug yang berarti air terjun, wisata alam yang disajikan tak hanya berupa air terjun dan aliran sungainya saja. Wanawisata Curug Layung juga memiliki hutan pinus yang luas dengan pemandangan yang indah. Hutan pinus menjadi jalan yang akan dilalui saat berjalan menuju ke air terjun. Jadi, perjalanan dengan trek yang landai sejauh lebih kurang 2 km untuk mencapai air terjun tidak akan terasa lama karena sekaligus akan menikmati panorama hutan pinus.

Baca juga: http://yourbandung.com/the-lodge-maribaya-camping-modern-di-hamparan-pohon-pinus/

Hutan Pinus di Kawasan Wanawisata Curug Layung

Curug Layung sendiri bukanlah air terjun yang tinggi. Hulu air terjun yang mengalir dapat dilihat langsung keluar dari hutan. Namun, terdapat kolam yang cukup luas di bawah air terjun. Setelah itu, air akan mengalir lagi ke bawah menerjang bebatuan besar yang dapat dilewati oleh para pengunjung. Meski tidak tinggi, aliran Curug Layung sangat deras sehingga suara airnya dapat terdengar hingga ke wilayah hutan pinus. Tak hanya itu, jika beruntung Anda dapat melihat berang-berang dan kera yang datang dari hutan sekitar.

Wanawisata Curug Layung sangat asri dan terjaga karena dikelola dengan baik oleh Perum Perhutani Unit III KPH Bandung Utara bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Kertawangi. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Curug Layung cukup lengkap, mulai dari kursi-meja kayu yang nyaman, beberapa kamar kecil, warung makan untuk bersantai, dan tersedia pula tempat khusus untuk berfoto-foto ria. Di hutan pinus pun terdapat semacam panggung yang menghadap perkebunan teh Sukawana, sementara di lokasi air terjun terdapat jembatan kayu kecil yang unik.

Selain fasilitas tersebut, Wanawisata Curug Layung juga menyediakan camping ground yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berkemah di lokasi wisata. Camping ground tersebut berada di wilayah hutan pinus dengan beberapa blok yang berbeda. Saking luasnya, hutan pinus di Curug Layung memiliki kapasitas hingga sekitar 2.000 pengunjung.

Camping Ground di Wanawisata Curug Layung

Lokasi Wanawisata Curug Layung berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tepatnya tak jauh dari tempat wisata Dusun Bambu Lembang yang melewati Gerbang Komando. Akses menuju Curug Layung sangat mudah, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum (angkot dari Ledeng maupun ojek online) karena letaknya tak jauh dari kota Bandung. Harga tiket masuk juga terjangkau, yakni Rp 10.000/orang untuk pengunjung yang hanya sekedar trekking dan Rp 15.000 /orang untuk berkemah.

Tautan Artikel : http://yourbandung.com/menikmati-pesona-alam-hutan-pinus-dan-air-terjun-di-wanawisata-curug-layung-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here