Beranda Atraksi Wisata Wisata Edukasi Keluarga di Puspa Iptek

Wisata Edukasi Keluarga di Puspa Iptek

Sundial di Puspa Iptek

Wisata pendidikan patut masuk dalam agenda kegiatan bersama keluarga Anda kali ini. Itu karena kegiatan akhir pekan bersama keluarga tidak sebatas rutinitas membosankan mengunjungi tempat hiburan atau pusat perbelanjaan. Saatnya sekarang Anda mengajak keluarga bermain sembari belajar ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nah, salah satu tempat yang dapat disambangi adalah Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPA IPTEK) di kawasan Kota Baru Parahyangan. Lokasinya dapat Anda temukan tidak jauh dari Pintu Tol Padalarang dari dan atau arah Bandung-Cianjur. Menyambangi PUSPA IPTEK dapat Anda sisipkan sebelum menuju destinasi lainnya dari dan atau saat akan ke Bandung. Untuk masuk PUSPA IPTEK hanya perlu membayar tiket masuk Rp13.000,- per-orang.

PUSPA IPTEK memiliki ikon unik berupa sebuah jam Matahari (sundial) raksasa Wisata Edukasi Keluarga di PUSPA IPTEK yang keakuratannya bisa dibuktikan sendiri. Bahkan, jam raksasa itu pun mampu menunjukan di bulan apa kita sedang berada melalui panjang bayangannya.

Suasana di dalam Puspa Iptek

Di dalam gedung PUSPA IPTEK, Anda dan keluarga dapat mengamati sekaligus mencoba alat peraga dari beberapa fenomena ilmu pengetahuan. Selain penjelasan dari alat peraga, dapat pula bertanya langsung kepada petugas yang siap menjelaskannya.

Di tempat ini tersedia sepasang parabola suara yang terletak dibalik gerbang utama. Tempatkan anak Anda pada piringan parabola yang satu sementara Anda membisikan kata-kata dari piringan seberangnya. Lihat reaksinya ketika anak dapat mendengarkan suara yang diucapkan Anda keluar melalui piringan parabola di dekatnya dan sebaliknya.

Fenomena lain yang menarik adalah tentang bagaimana perambatan getaran suara di udara dapat berfungsi menjadi media komunikasi. Ada pula sebuah bejana kuningan dengan air di dalamnya yang sekilas tampak tidak terlalu istimewa. Akan tetapi, coba ikuti instruksi yang tertera di sampingnya dengan menggosokkan tangan ke pegangan bejana lalu saksikanlah air di dalamnya secara ajaib bergerak dan memercik.

Ajak pula anak Anda seusia TK atau SD untuk mengasah kecerdasan dengan bermain puzzle, segi tiga angka, dan mencocokkan binatang dengan jenis makanannya.

Selain itu, ada pula simulasi proses terjadinya Tsunami yang dapat memberikan gambaran tentang proses-proses alami yang terjadi pada bencana alam. Ajak anak Anda bermain sulap dengan ilusi optis pada sebuah meja hanya menampilkan kepala saja sementara bagian tubuh bawahnya hilang tidak terlihat.

Anda dan keluarga juga bisa mencoba bersepeda gantung yang menjadi favorit di tempat ini. Rasakan sensasi bersepeda pada seutas kawat besi di atas ketinggian tanpa harus khawatir terjatuh karena sepeda tersebut selalu berada dalam posisi seimbang.

Sepeda gantung dengan alat keseimbangan

Tidak hanya bagi anak saja, bahkan bagi orang dewasa tempat ini tidak akan membosankan karena menyediakan berbagai alat peraga fenomena ilmu pengetahuan. Anda dapat mengetahui tentang proses elektrostatis, polarisasi, perubahan energi, dan banyak yang lainnya yang ditampilkan interaktif lengkap dengan penjelasan.

Selain mengisi waktu libur bersama keluarga, wisata pendidikan akan bermanfaat bagi anak Anda. Lebih penting lagi adalah membuka pemahaman mereka bahwa alam dan luar ruangan adalah tempat yang menyenangkan untuk berlajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here