Beranda Acara 10 Ide untuk Anda Melewati Malam Tahun Baru di Bandung

10 Ide untuk Anda Melewati Malam Tahun Baru di Bandung

2050
Pemandangan-dari-Bukit-Moko

Tahun 2020 semakin dekat menjelang, saat liburan pun datang. Raport anak-anak sekolah juga sudah dibagikan. Rencana bepergian telah pula disiapkan.

Bagi sebagian orang, tahun baru merupakan sesuatu yang spesial dan harus dirayakan. Hal ini karena tahun baru merupakan sebuah penanda saatnya memulai sesuatu yang baru dengan semangat kekinian, dan meninggalkan kebiasaan buruk di tahun sebelumnya. Sebagian lainnya menganggap pergantian tahun merupakan hal yang biasa saja, tidak berbeda seperti hari-hari kemarin. 

Bagi anda yang berencana melewatkan malam tahun baru di kota Bandung, berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan.

1. Menginap di hotel bersama keluarga atau teman-teman

Beberapa hotel di kota Bandung menawarkan paket menginap pada malam tahun baru yang sudah termasuk makan malam, kamar untuk 1 malam, dan acara menyambut pergantian tahun yang dimeriahkan dengan live music, games, doorprize, dan lain-lain denagn tema tertentu.

Tidak ada salahnya jika anda bersama keluarga yang anda sayangi dan teman-teman berkumpul dan merayakan malam spesial ini di hotel yang anda sukai.

Baca juga: Ini Dia Daftar Paket Acara Malam Tahun Baru 2020 di Hotel di Bandung

2. Makan malam spesial di restoran atau cafe

Makan malam di restoran atau cafe bersama keluarga atau bersama pasangan yang anda cintai juga bisa menjadi pilihan. Di Bandung utara terdapat beberapa tempat yang menawarkan view menarik pada malam hari dari atas ketinggian. Anda juga dapat menyaksikan cahaya kembang api yang dinyalakan dari kejauhan saat pergantian tahun.

Suasana di Belle Vue Elevate G. H. Universal Hotel Bandung

Baca juga: 

4 Tempat Wisata Terbaik untuk Melihat City Light di Bandung

Rekomendasi Hotel dengan Rooftop Cafe Restaurant yang Romantis

3. Mendaki gunung dan berkemah di alam terbuka

Bagi anda yang menyukai petualangan, malam tahun baruan dapat anda nikmati di alam terbuka dengan berkemah atau mendaki gunung beramai-ramai. Di atas puncak gunung anda dapat menyaksikan indahnya terbit matahari dan menikmati hangatnya cahaya mentari di awal tahun 2020. Namun anda juga harus memperhatikan kondisi alam dan cuaca terlebih dahulu, karena musim hujan masih berlangsung di akhir tahun ini.

Sunrise di Gunung Putri Lembang

Beberapa lokasi perkemahan berlokasi tak jauh di sekitar kota Bandung, seperti Rancaupas di Ciwidey atau Pine Forest di Bandung utara. Di Bandung timur juga ada camping ground Batu Kuda dan Taman Buru Masigit Kareumbi. 

Baca juga: 

Melihat Sunrise dari 4 Titik Paling Oke di Kabupaten Bandung Barat

Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Wisata Konservasi Alam di Ujung Timur Bandung

4. Menyusuri jalanan kota Bandung

Pada malam tahun baru, jalan-jalan di kota Bandung cukup padat. Tak terkecuali jalan Dago yang merupakan jalan legendaris di Bandung sebelah utara. Namun hal ini tidak mengurangi keinginan warga untuk keluar berjalan-jalan dengan menggunakan kendaraan maupun sepeda menyusuri jalanan kota Bandung. 

Jika tidak ingin terkena macet di jalan, anda bisa mulai berangkat dari rumah sejak pukul 18.30 dan berkumpul dengan teman-teman di beberapa titik keramaian yang sudah populer, seperti alun-alun, lapangan Gasibu, jalan Dago, jalan Asia-Afrika, jalan Braga dan sekitarnya.

5. Mengunjungi Alun-alun kota Bandung

Alun-alun kota Bandung kini sudah tampil cantik dengan area terbuka berumput sintetis yang terhampar untuk bersantai. Lokasinya yang tepat berada di halaman Masjid Raya Bandung membuat tempat ini kerap digunakan sebagai tempat berkumpul bagi warga Bandung. 

Wajah Baru Alun-Alun Bandung

Pada malam tahun baru, biasanya di alun-alun ini digelar acara kajian Islami dengan tema menarik tentang instropeksi dan pengembangan diri.

Baca juga:

Alun-alun Bandung dan Wajah Barunya

Mengintip Persiapan Perayaan Malam Tahun Baru di Alun-alun Cicendo Bandung

6. Menikmati suasana di Lapangan Gasibu, Gedung Sate, dan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat 

Seputar lapangan Gasibu merupakan tempat yang tak kalah ramai sebagai tempat berkumpul untuk menikmati suasana malam tahun baru. Areanya yang luas dan lega membuat banyak warga betah berlama-lama di sini.

Pesta kembang api di Gedung Sate

Baca juga: Menengok Wajah Baru Gasibu

7. Melihat kembang api di jembatan layang Pasupati

Jembatan layang Pasupati tak bisa dipungkiri merupakan ikon kota Bandung yang sudah terkenal. Oleh karena itu, tak heran banyak warga yang menyempatkan diri untuk mengunjungi jembatan ini pada malam tahun baru. Tak jarang beberapa warga berinisiatif melepaskan kembang api pada malam pergantian tahun di jembatan ini yang membuat sebuah pemandangan menakjubkan. 

Baca juga: Infografis: Pasupati

8. Bersantai di Taman Tegallega

Taman Tegallega yang merupakan tempat berdirinya Monumen Bandung Lautan Api, kini sudah dilengkapi dengan taman lampion beragam bentuk yang bercahaya warna-warni di malam hari. Anda tentu tertarik untuk berekreasi ke taman ini bersama keluarga di malam tahun baru. Apalagi taman Tegallega juga sudah dilengkapi dengan rumput sintetis.

Lampion Park, salah satu fasilitas baru di Taman Tegallega Bandung.

Baca juga: Taman Tegallega Bandung Kembali Dibuka dengan Beragam Fasilitas Baru

9. Melihat air mancur menari di Kiara Artha Park

Siapa yang belum mengunjungi Kiara Artha Park yang berlokasi di persimpangan Kiaracondong-Antapani ini? Taman terbuka seluas 2,6 hektar ini di dalamnya terdapat sebuah kolam dengan air mancur menari (dancing fountain) yang sangat indah disinari oleh lampu berwarna-warni.

Anda bisa menyaksikan air mancur menari ini pada jam-jam tertentu, yaitu 18.30, 19.30 dan 20.30. Pada hari Sabtu malam terdapat jam ekstra, yaitu jam 21.30. Pertunjukan air mancur ini diiringi oleh musik sebanyak 4 lagu. 

10. Bercengkerama bersama keluarga dan handai taulan di rumah

Merayakan pergantian tahun tidak selalu dengan berjalan-jalan ke luar rumah. Anda bisa saja mengadakan acara kumpul-kumpul silaturahmi bersama keluarga dan teman-teman dekat di halaman belakang rumah sambil memanggang sate, barbeque, membakar jagung yang diolesi mentega, dan bernyanyi bersama.

Jadi, malam tahun baruan di mana, nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here