Beranda Atraksi Wisata Wisata Air dan Kuliner di Floating Market Lembang

Wisata Air dan Kuliner di Floating Market Lembang

319
Floating Market Lembang

Udara sejuk langsung menyapa setibanya di kawasan wisata yang baru dibuka penghujung tahun 2012 lalu. Berlokasi di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Bandung, kawasan wisata ini menghadirkan konsep berwisata unik, kreatif, baru dan tentunya menyenangkan. Pemandangan alam dari pintu masuk yang konturnya lebih tinggi dari lokasi wisata seolah sudah menjanjikan kesenangan dan memanggil siapa pun untuk
segera menghampiri.

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,- per orang yang sudah termasuk minuman yang bisa ditukar di sebuah bangunan terbuat dari kayu dengan nuansa etnik. Lampu-lampu warna-warni menghias cantik langit-langit bangunan tersebut.

Di seberang tempat menukar minuman, terdapat sebuah counter bertulisan “Tempat Penukaran Koin”. Ya, mata uang yang berlaku di sana bukanlah rupiah atau mata uang lain yang yang pernah Anda kenal. Koin warna-warni pecahan Rp5.000,- hingga Rp100.000,- adalah alat tukar yang harus Anda kantongi untuk menikmati suguhan wisata air dan atau wisata kuliner di tempat seluas 7 hektar ini.

Bangunan etnik di sekeliling situ

Di kiri kanan bangunan berjajar pula bangunan etnik yang semuanya terbuat dari kayu. Bangunan tersebut mengakomodasi restoran dengan sajian menu beragam (Sunda, Oriental, atau Eropa), tempat gathering atau meeting, atau bahkan factory outlet. Di depan bangunan, tampak Situ Umar yang sudah disulap  menjadi lebih asri. Dulunya, tempat ini adalah lokasi pemancingan. Di seberang danau, terpampang tulisan berwarna kuning “ Floating Market Lembang” di atas sebuah ruang terbuka (serupa los pasar) dengan atap berwarna biru langit.

Kiranya di sanalah sajian kuliner dijajakan di perahu-perahu yang “parkir” di sepanjang bangunan beratap biru langit itu. Banyak pilihan makanan mulai dari tradisional hingga menu makanan non tradisional yang dijual di perahu-perahu tersebut. Disediakan meja dan kursi tempat wisatawan menikmati suguhan kuliner yang beragam.Anda dapat pula menyewa saung yang juga terbuat dari kayu dan yang semuanya menghadap ke danau, tak jauh dari lokasi jajanan kuliner. Apabila Anda kehabisan koin, jangan khawatir di lokasi ini juga tersedia dua counter penukaran koin.

Pasar terapung di Floating Market Lembang

Floating Market ini hanya buka di akhir pekan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu serta hari-hari libur nasional. Pada hari kerja, hanya fasilitas wisata air atau lainnya saja yang berfungsi. Selain itu, lokasi wisata ini juga diperuntukkan kepentingan jasa pemotretan, misalnya prewedding. 

Untuk mencapai Floating Market Lembang, Anda bisa naik perahu dayung berkapasitas 4 orang dengan tarif Rp1.000,- per orang dari depan bangunan masuk. Jika ingin menikmati suasana, Anda dapat berjalan kaki mengitari danau, baik dari sisi kiri atau kanan. Bila memilih jalur kanan, terdapat sebuah jembatan dari bambu berhiaskan lampu-lampu cantik yang akan mengantar langkah Anda ke seberang danau. Jalur kiri juga menyuguhkan suasana dan pemandangan yang tak kalah menyenangkan.

Di sisi seberang Floating Market Lembang, terdapat wahana wisata air yang beragam, mulai dari kano, sampan, paddle boat, atau sepeda air. Tak jauh dari floating market, juga terdapat Kampung Leuit, sebuah kawasan yang menyuguhkan suasana lain di lokasi wisata ini. Rencananya, kampung ini akan menghadirkan suasana pedesaan dimana terdapat  sawah dan kebun sayuran serta kebun strawberry. Sejumlah saung kayu beragam ukuran sudah berdiri apik di kampung ini.

Wahana berperahu di Floating Market Lembang

Taman Kelinci juga hadir di area wisata ini, dimana anak-anak Anda dapat berinteraksi di sebuah taman kecil yang disulap sebagai hunian bagi banyak kelinci. Memberi makan angsa dan ikan juga dapat menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan bagi Anda dan anak Anda.

Floating Market Lembang merupakan bagian dari grup The Big Price Cut (TBPC), grup yang juga mewadahi Tahu Lembang, Rumah Sosis, dan De Ranch. Floating Market bahkan terhubung dengan Tahu Lembang dengan fasilitas berupa sebuah bus yang sudah dimodifikasi bentuknya sehingga tampak menarik.

Kunjungi Floating Market Lembang dan dapatkan suasana pasar apung buatan tanpa harus jauh-jauh pergi ke Kalimantan. Wahana wisata air atau wisata lainnya yang ditawarkan ini cocok untuk rekreasi keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here