Home Berita Menengok Wajah Baru Gasibu

Menengok Wajah Baru Gasibu

311
0

Lapangan Gasibu, satu tempat yang telah memiliki kaitan sejarah yang kuat dengan Kota Bandung. Lokasinya yang terletak di depan Gedung Sate menjadikan lapangan Gasibu sebagai salah satu ikon Kota Kembang. Namun, banyak yang salah eja dalam menuliskan gasibu sebagai gazebo, padahal Gasibu ini merupakan sebuah singkatan dari Gabungan Sepak Bola Indonesia Bandung Utara. Pada jaman dahulu kala memang Lapangan Gasibu ini sering digunakan sebagai tempat berlatih sepak bola dan cukup populer dipakai berolahraga oleh warga Bandung pada tahun 90-an. Memasuki awal tahun 2000-an, Lapangan Gasibu ini mulai bergeser fungsinya menjadi venue konser musik dan di akhir pekan menjadi area pasar kaget.

Menjelang perhelatan PON (Pekan Olahraga Nasional) XIX tahun 2016 ini di Jawa Barat, Lapangan Gasibu mulai berbenah sejak awal tahun 2015 lalu, demi tampil cantik di hadapan tamu yang akan datang dari seluruh penjuru negeri. Beberapa minggu sebelum gong PON XIX ditabuh, Gasibu telah menunjukkan wajah barunya yang rupawan. Lapangan yang terletak di Jalan Diponegoro Bandung ini sudah kembali digunakan berolahraga secara rutin oleh warga Bandung. Lintasan lari yang kini rapi dan bebas pedagang kaki lima memberikan keleluasaan pengunjung untuk beraktivitas.

Tak hanya mengaktivasi kembali sarana olahraganya, Gasibu kini telah menjadi ruang publik baru yang nyaman untuk dikunjungi warga dan wisatawan. Di dinding yang menghadap ke Gedung Sate, terdapat ukiran wajah para Gubernur Jawa Barat yang pernah menjabat dari periode ke periode. Sementara fasilitas sekelilingnya yang dibuat berbentuk amphitheatre dapat dijadikan tempat bersantai oleh pengunjung menjelang sore dan pagi hari.

gasibu-02

Satu fasilitas baru yang hadir di Gasibu setelah renovasi adalah gedung perpustakaan di area utara lapangan Gasibu. Walaupun bagian dalamnya belum rampung, namun gedung perpustakaan ini cukup mencuri perhatian dengan bentuk arsitekturnya yang menarik.

Di saat sarana olahraga lain di Kota Bandung ditutup sementara untuk penggunaan PON, ruang publik Gasibu dapat menjadi alternatif untuk anda berolahraga maupun berekreasi bersama keluarga di akhir pekan.

gasibu-03

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here