Beranda Panduan Wisata 8 Wisata Air Terjun di Bandung yang Wajib Dikunjungi

8 Wisata Air Terjun di Bandung yang Wajib Dikunjungi

395
Curug Cimahi

Kawasan Bandung Raya dikenal memiliki banyak pesona wisata alam yang luar biasa. Salah satunya dapat dijumpai dalam bentuk wisata air terjun atau dengan nama curug dalam Bahasa Sunda. Curug-curug tersebut tersebar di seluruh penjuru, mulai dari utara hingga ke selatan. Berikut ini kami coba merangkumnya dalam 8 wisata air terjun di Bandung yang wajib dikunjungi.

1. Curug Cimahi

Curug Cimahi merupakan salah satu wisata air terjun di kawasan Bandung Raya yang cukup populer di media sosial. Tingginya yang mencapai 87 meter menjadi salah satu pesonanya. Selain itu, air terjun ini juga dikenal dengan ratusan anak tangga yang harus dilalui untuk menuju ke dasar air terjun. Bila Anda malas untuk turun sampai ke bawah, Anda dapat berfoto di sebuah balkon yang berada di tengah jalurnya. Pada saat menjelang malam hari, lampu berwarna-warni akan menyinari air terjunnya hingga akan terlihat sangat berbeda tampilannya. Oleh karena itulah, Curug Cimahi juga sering dijuluki sebagai Curug Pelangi.

Harga Tiket Masuk: Rp17.000
Alamat: Jl. Kolonel Masturi No. 325

 

2. Curug Layung

Meski disebut curug atau yang berarti air terjun, namun wisata alam yang ada di Curug Layung tak hanya berupa air terjun. Wanawisata Curug Layung juga memiliki hutan pinus yang luas dengan pemandangan yang indah. Hutan pinus menjadi jalan yang akan dilalui saat berjalan menuju ke air terjun. Jadi, perjalanan dengan trek yang landai sejauh lebih kurang 2 km untuk mencapai air terjun tidak akan terasa lama karena sekaligus akan menikmati panorama hutan pinus.

Harga Tiket Masuk: Rp10.000
Alamat: Karyawangi, Parongpong

Curug Layung

Baca juga: Menikmati Pesona Alam Hutan Pinus dan Air Terjun di Wanawisata Curug Layung Bandung

3. Curug Dago

Sesuai dengan namanya, curug ini letaknya berada di kawasan Dago dan cukup mudah dijangkau dengan kendaraan umum ataupun pribadi. Anda pun sudah dapat langsung mengaksesnya dari jalan raya. Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat pula dua buah batu tulis yang merupakan peninggalan dari Raja Thailand yang sempat berkunjung ke mari pada abad ke-19. Air terjunnya sendiri berada di ketinggian 30 meter.

Harga tiket masuk: Rp12.000
Alamat: Jl. Dago Pojok

 

4. Curug Maribaya

Curug yang satu ini berada di kawasan Bandung Utara, dan dapat diakses melalui Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda maupun dari Maribaya Hot Spring Resort. Bagi Anda yang menyukai aktivitas hiking, perjalanan menuju curug ini dapat menjadi tantanga tersendiri, mengingat waktu tempuhnya bisa mencapai 45 menit hingga 90 menit, tergantung dari starting point yang dipilih. Sejak direnovasi beberapa tahun silam, Curug Maribaya kini juga memiliki fasilitas penginapan dan pemandian air panas.

Harga tiket masuk: Rp35.000
Alamat: Cibodas, Lembang

Baca juga: The Lodge Maribaya, Camping Modern di Hamparan Pohon Pinus

5. Curug Batu Templek

Wisata Curug Batu Templek ini berada di kawasan Bandung Timur, tepatnya di daerah Pasir Impun. Patokan lokasi akses jalannya terletak di seberang Lapas Sukamiskin. Curug Batu Templek ini sebenarnya cukup tinggi, namun debit airnya tak begitu besar. Keistimewaannya justru ada di bebatuan di sekitarnya yang memiliki bentuk cukup unik. Konon katanya, dari sinilah material yang digunakan untuk membangun Gedung Sate pada waktu dulu didapat.

Harga tiket masuk: Rp10.000
Alamat: Cisanggarung Lebak, Pasir Impun

Curug Batu Templek

6. Curug Tilu Leuwi Opat

Di Curug Tilu Leuwi Opat ini terdapat empat air terjun dan juga empat leuwi (cekungan di dasar sungai). Untuk air terjun ada Curug Aseupan, Curug Tilu, Curug Cilaki, dan Curug Citulang. Sedangkan untuk leuwi, ada Leuwi Baeud, Leuwi Gentong, Leuwi Kacapi, dan Leuwi Bagong. Di kawasan ini, pengunjung diperbolehkan untuk berenang, namun wilayahnya dibatasi karena ada beberapa area yang airnya cukup dalam.

Harga tiket masuk: Rp15.000
Alamat: Jl. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong

 

7. Curug Malela

Perjalanan menuju Curug Malela akan sangat melelahkan, sehingga bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi air terjun ini diharapkan untuk menyiapkan stamina yang cukup. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun hanya dapat digunakan sampai pemukiman warga, karena kualitas jalan yang buruk. Sebenarnya jalanannya masih bisa dilalui motor, namun alangkah lebih baik untuk menyewa ojeg saja agar dapat mengurangi resiko kerusakan kendaraan pribadi. Dari gerbang masuk, Anda dapat berjalan kaki hingga Curug Malela dengan perkiraan waktu sekitar 30-60 menit. Curug Malela ini tidak begitu tinggi, namun bentuknya melebar ke samping sehingga tampak megah.

Harga tiket masuk: Rp10.000
Alamat: Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat

Curug Malela

Baca juga: Curug Malela, Pesona Terpendam Wisata Bandung Barat

8. Curug Cinulang

Curug Cinulang seringkali disebut juga Curug Kembar karena keberadaan dua air terjunnya. Keduanya berada di ketinggian 50 meter dengan debit air yang cukup deras. Untuk mencapainya, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, karena letaknya sendiri tak jauh dari pinggir jalan raya.

Harga tiket masuk: Rp5.000
Alamat: Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang

Curug Cinulang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here