Beranda Atraksi Wisata Situ Cisanti, Keindahan Tersembunyi Hulu Sungai Citarum

Situ Cisanti, Keindahan Tersembunyi Hulu Sungai Citarum

83
Kilometer 0 Citarum Situ Cisanti (foto: Humas Kota Bandung)

Situ Cisanti, danau kecil yang dikelilingi oleh pepohonan berwarna hijau dengan pemandangan yang indah nan asri. Danau yang terletak di Kampung Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung ini merupakan hulu Sungai Citarum yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar, dengan tinggi 1.500-3.000 di atas permukaan laut dan berjarak 60 KM dari pusat Kota Bandung.

Siapa sangka, Sungai Citarum yang merupakan Sungai terbesar di Jawa Barat yang kerap dituduh menjadi biang kerok banjir yang selalu terjadi setiap tahunnya. Sungai yang sempat menjadi perbincangan media nasional dan diberi predikat salah satu sungai paling tercemar di dunia ini, ternyata memiliki hulu sungai yang sangat jernih, indah dan amat sangat menyejukkan.

Walaupun Situ Cisanti tidak seterkenal seperti Situ Patenggang ataupun Situ Cileunca, namun letaknya yang berada di kaki Gunung Wayang membuat udara Situ Cisanti sangat sejuk, dirasa sangat cocok untuk melakukan refreshing dari hiruk pikuk penatnya perkotaan dengan bersantai di pinggir danau yang airnya sangat jernih atau memasang tenda untuk menikmati kesejukan alam khas pegunungan di Situ Cisanti.

Situ Cisanti juga memiliki tujuh mata air yang membentuk hulu Sungai Citarum yang utama, seperti mata air Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadane, Cihaniwung dan Cisanti. Ketujuh mata air ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang berlibur ke Situ Cisanti. Pengunjung juga dapat mengabadikan setiap momen, berselfie ria dengan pemandangan alam yang indah di Situ Cisanti.

Agar lebih puas lagi menikmati pemandangan di Situ Cisanti sebaiknya para pengunjung berjalan mengikuti jalan setapak yang sudah disediakan untuk mengelilingi Situ Cisanti dan sekalian berfoto di Tugu Kilometer Nol Citarum. Tidak hanya untuk ber-selfie, Situ Cisanti juga selalu dijadikan lokasi foto prewedding dengan nuansa alam yang indah dan alami.

Jam operasional Situ Cisanti ialah setiap hari, mulai pukul 08.00-17.00 wib. Harga tiket yang harus dibayar oleh pengunjung cukup dengan Rp. 10.000,-/orang. Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan, tidak usah khawatir karena pengelola telah menyiapkan fasilitas berupa area parkir yang sudah diberi paving block, warung makan dan minum untuk sekadar istirahat juga mushola.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here