Beranda Atraksi Wisata Mau Belajar Menanam Padi & Beternak Lele? Ke Sekemala Aja!

Mau Belajar Menanam Padi & Beternak Lele? Ke Sekemala Aja!

64
Sekemala Integrated Farming (foto: Humas Kota Bandung)

Warga kota Bandung kini bisa mempelajari cara bercocok tanam dan beternak secara mudah di “Sekemala Integrated Farming” atau disebut juga Sein Farm. Kawasan pertanian terpadu yang berlokasi di Jalan Sekemala, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Oded. M Danial, beberapa waktu lalu. Di sini terdapat banyak kegiatan pertanian, budi daya ikan, peternakan serta pertanian hidroponik, lho.

Diharapkan keberadaan kawasan pertanian terpadu ini dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat untuk menciptakan kawasan pertanian di wilayah mereka masing-masing yang dapat mendorong ketahanan pangan. Kawasan Sein Farm ini, selain sebagai sarana edukasi pertanian, juga menjadi kawasan wisata bagi masyarakat. Hal ini karena kawasan tersebut berada di dataran tinggi dan memiliki panorama yang memukau. Oleh karena itu, tak salah apabila Pemkot Bandung akan mendorongnya menjadi destinasi wisata.

Baca juga: Menikmati Sejuknya Hutan Pinus di Wanawisata Batu Kuda Manglayang Bandung

Konsep kawasan pertanian terpadu Sein Farm mengacu kepada program Buruan Sae (Sehat, Alami, Ekonomis), yaitu kegiatan urban farming. Selain urban farming, juga terdapat budidaya ikan melalui bioflok dan pertanian di sawah.

Pada budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini, masing-masing bioflok memiliki diameter 2,5 meter dan ketinggian 1,2 meter. Bioflok tersebut ditanami 1.000 sampai 1.500 lele, dengan ukuran 7 – 9 cm. Jika sudah besar nanti, ikan lele akan dipilah tergantung kapasitas. Sumber air utama yang mengalir ke kolam bioflok, setelah ditampung selanjutnya akan dialirkan ke sawah untuk menanam padi.

Menarik, kan?

Baca juga: Mengenal Gunung-gunung yang Mengelilingi Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here