Beranda Atraksi Wisata Melihat Kawah Gunung Tangkuban Parahu, Menelusuri Legenda Sangkuriang

Melihat Kawah Gunung Tangkuban Parahu, Menelusuri Legenda Sangkuriang

500
Kawah Gunung Tangkuban Parahu
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

Gunung Tangkuban Parahu terletak di daerah Subang, Jawa Barat dengan ketinggian 2.084 m. Walau masih aktif, kawah gunung ini masih bisa dikunjungi dan dilihat secara langsung, sehingga tak jarang pada akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung.

Di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, Anda dapat melihat dari dekat kawah yang masih bergolak dan mengeluarkan gas belerang. Oleh karena itu, ketika berwisata ke tempat ini, wisatawan diharuskan berhati-hati dan selalu memperhatikan instruksi pengelola.

Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu

Di sekeliling gunung yang bentuknya seperti perahu terbalik ini, terdapat hutan pinus yang rimbun dan perkebunan teh nan hijau. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandian air panas yang bersumber dari gunung ini, seperti yang dapat ditemui di Sari Ater dan Ciater. 

Baca juga: Top 8 Wisata Alam Lembang Bandung

Menurut teori, Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa letusan Gunung Sunda purba yang meletus di masa lalu. Material letusan gunung ini lalu membendung sungai Ci Tarum, sehingga terbentuklah danau besar Bandung yang dikelilingi oleh gunung-gunung. Lama-kelamaan danau ini surut menyisakan dataran cekungan Bandung seperti sekarang ini. 

Kawah Gunung Tangkuban Parahu

Terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu juga dikaitkan dengan legenda Sangkuriang yang sakti. Dikisahkan bahwa Sangkuriang telah jatuh cinta pada ibunya sendiri yang tidak diketahuinya. Untuk menolak cinta putranya, Dayang Sumbi meminta agar Sangkuriang membuatkan danau dan perahu dalam semalam. Permintaan ini gagal dipenuhi oleh Sangkuriang, sehingga perahu yang sudah dibuat ditendang olehnya dalam keadaan marah sampai terbalik dan akhirnya menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Penampakan Gunung Tangkuban Parahu dari Maribaya

Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu dapat dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jaraknya hanya sekira 20 km dari Kota Bandung. Di sekitarnya juga terdapat beberapa destinasi wisata yang tak kalah menarik, seperti Cikole, Orchid Forest, Curug Maribaya, Floating Market, Farm House, dan sebagainya.

Baca juga: Tamasya Seharian dengan 10 Atraksi Seru Floating Market Lembang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here