Beranda Atraksi Wisata 7 Wisata Taman Kota pada Bandung Tempo Dulu

7 Wisata Taman Kota pada Bandung Tempo Dulu

844
Taman Lalu Lintas Bandung

Kota Bandung dikenal dengan wisata taman kota tematiknya yang indah dan tertata. Mulai dari Taman Film, Taman Musik, Taman Jomblo, Taman Lansia, dan banyak lagi taman yang lainnya. Namun, jauh sebelum keberadaan taman-taman kota seperti sekarang, Bandung pada zaman dulu pun sebenarnya telah memiliki taman-taman indah yang tentunya kini telah banyak berubah dari segi tampilannya. Berikut kami lampirkan daftar 7 wisata taman kota yang populer pada zaman Bandung tempo dulu.

1. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman ini baru saja selesai direvitalisasi pada akhir September 2017 lalu. Kini Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution memiliki tampilan yang lebih rapi, dengan fasilitas yang lebih nyaman dan modern. Sebelum diresmikan sebagai Taman Lalu Lintas pada tahun 1958, taman ini dikenal dengan nama Taman Nusantara, dan sebelumnya lagi namanya adalah “Insulinde Park.” Dulu taman ini merupakan taman bertemakan taman tropis, sampai akhirnya menjadi pusat edukasi lalu lintas bagi anak-anak.

Baca juga: http://yourbandung.com/piknik-bersama-keluarga-ke-taman-lalu-lintas-bandung-yang-baru/

Taman Dewi Sartika

2. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota ini merupakan taman bunga pertama yang didirikan di Kota Bandung. Dulu taman ini bernama Pieters Park. Nama tersebut diambil dari nama seorang asisten residen Priangan yang telah banyak berjasa dalam pembangunan di Bandung bernama Pieter Sijthoff. Kini Taman Balai Kota telah banyak mengalami perluasan serta terbagi-bagi menjadi beberapa taman tematik, seperti Taman Badak, Taman Dewi Sartika, serta Taman Labirin.

Baca juga: http://yourbandung.com/taman-badak-dan-taman-dewi-sartika-bandung-kini-tampil-dengan-wajah-baru/

Villa Isola

3. Taman Partere

Taman yang terletak di bagian sisi pintu masuk Villa Isola ini termasuk salah satu taman yang secara fisik tak mengalami banyak perubahan. Ornamen-ornamen bergaya Eropa klasik pun masih banyak dapat dijumpai di sini. Selain itu, terdapat sebuah pohon besar yang sangat rindang di bagian tengah taman. Saking rindangnya, satu pohon ini sudah cukup dapat menaungi aktivitas seluruh taman dari terik panas matahari.

4. Taman Ganesha

Sesuai dengan namanya, Taman Ganeca atau Taman Ganesha berada di Jl. Ganeca, tepat di depan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Dulunya, taman Ganesha ini bernama Ijzerman Park, namanya diambil dari Dr. Jan Willem Ijzerman yang merupakan penggagas berdirinya Technische Hogeschool te Bandoeng (sekarang ITB).

5. Taman Pramuka

Pernah melihat tugu tunas kelapa raksasa saat melintas di Jl. Riau Bandung? Tugu tersebut merupakan penanda dari Taman Pramuka. Tamannya sendiri berada di seberang tugu tersebut. Alasan dinamakan “Taman Pramuka” adalah karena area taman ini sering digunakan oleh aktivitas kepramukaan. Sebelum menjadi Taman Pramuka, taman yang memiliki bangunan mirip gazebo di bagian tengahnya ini bernama “Oranje Plein.”

Patung H. C. Verbraak

6. Taman Maluku

Taman ini sejak zaman dulu memiliki ciri khas yang sangat ikonik, yaitu sebuah patung pastur bernama Verbraak yang didirikan di salah satu arealnya. Karena keberadaan patung tersebut, banyak kemudian hal mistis yang berkembang di masyarakat. Sebelum bernama Taman Maluku, taman ini dikenal dengan nama Molukken Park.

7. Kebun Binatang Bandung

Sebelum menjadi kebun binatang seperti sekarang, areal ini merupakan sebuah taman yang bernama Jubileum Park. Dulunya taman ini merupakan sebuah taman yang dijuluki “Hutan Tropis Mini” yang ditumbuhi 1.200 jeni pohon lindung.

Data Sejarah :
-Wajah Bandoeng Tempo Doeloe, Haryoto Kunto
-Insulinde Park, Sudarsono Katam

Tautan asli artikel ini: http://yourbandung.com/7-wisata-taman-kota-pada-bandung-tempo-dulu/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here