Beranda Atraksi Wisata Mural Sejarah Bandung di Gang Toga Braga

Mural Sejarah Bandung di Gang Toga Braga

Ibu-ibu PKK RW 06 Braga berfoto di depan mural Braga tempo doeloe (foto: P-P2Par ITB)

Karya lukisan di dinding atau yang sering disebut dengan mural dengan warna-warna yang cerah dan gambar-gambar kreatif, tak jarang bisa ditemui di sudut-sudut jalan Kota Bandung. Contohnya di Terminal Leuwipanjang dan Kampung Warna Cibunut yang muralnya menciptakan suasana baru dan menarik bagi wisatawan maupun penghuni. 

Kekinian, di Jalan Morce-Jalan Telepon Gang Toga yang berlokasi di RW 06 Kelurahan Braga, Kota Bandung, sedang diwujudkan mural bertema sejarah yang sudah hampir selesai. Berbeda dari konsep mural lainnya, di sini menampilkan lukisan yang menggambarkan suasana kota Bandung tempo doeloe, seperti Bragaweg, perkampungan di tepian sungai Cikapundung, dan sebagainya.

Mural Gang Toga ini adalah salah satu program pendampingan P-P2Par ITB yang bekerja sama dengan Propan Raya ICC (@propanraya) dalam mendukung pengembangan Braga sebagai destinasi pariwisata Kota Bandung. Cat kualitas premium yang digunakan untuk melukis mural sejarah ini disediakan oleh Propan Raya ICC, sedangkan pelukisnya adalah bapak Tri Hutomo seniman mural dari seni rupa Universitas Pendidikan Indonesia.

Turut aktif pula ibu-ibu PKK RW 06 Braga yang menjadi penggerak kegiatan Wisata Toga (Taman Obat Keluarga) dan wisata kreatif kerajinan dari bahan bekas.

Seperti yang kita ketahui, sejarah Kota Bandung tak lepas dari jalan Braga yang pada tahun 1920-an telah menjadi pusat keramaian tempo doeloe.

Sumber: P-P2Par ITB

Baca juga: Kampung Warna Cibunut, Kampung Wisata yang Instagrammable di Bandung

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here