Beranda Berita Galang Dana untuk Para Pekerja Seni Saung Angklung Udjo

Galang Dana untuk Para Pekerja Seni Saung Angklung Udjo

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo

Terimbas kebijakan pembatasan aktivitas selama masa Pandemi yang berdampak pada sejumlah sektor industri, Saung Angklung Udjo (SAU) mengajak masyarakat pencinta seni budaya untuk membantu mereka tetap bertahan melalui galang dana kitabisa.com/solidaritasangklungudjo. Hal ini karena penurunan jumlah pengunjung dan pertunjukan secara signifikan yang mengakibatkan ratusan karyawan dan para pekerja seni kehilangan mata pencahariannya. 

Direktur Utama Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengungkapkan bahwa tamu yang datang biasanya bisa mencapai 2.000 orang per hari. Dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, mencapai 20 orang tamu saja diakui sulit. Sebagai gambaran, lebih dari 90 persen pengunjung yang datang ke SAU  adalah anak sekolah dan turis asing. Saat pandemi, pertunjukan yang melibatkan dan mengumpulkan banyak orang, tentunya tidak diperbolehkan.

Baca juga: Serunya Menyaksikan Pertunjukkan Seni dan Budaya di Saung Angklung Udjo Bandung

Ada lebih dari 600 orang yang bekerja langsung di SAU setiap harinya, ungkap Taufik. Bila ditambah dengan supplier dan pekerja acara, jumlahnya dapat menjadi sekira 1.000 orang. 

Kabar mengenai terancam tutupnya Saung Angklung Udjo ini ramai diperbincangkan di jagat twitter yang diunggah oleh akun @younsphille. Unggahan tersebut yang kini telah di-retweet 21 ribuan kali, mengundang rasa simpati netizen. Addie MS (@addiems) juga me-retweet seraya menambahkan bahwa Saung Angklung Udjo ini merupakan salah satu aset nasional yang harus diselamatkan.

Dukungan masyarakat akan keberlangsungan Saung Angklung Udjo terlihat di Kitabisa.com. Kekinian, donasi yang telah terkumpul mencapai sekira 160 juta dari target 250 juta. Donasi yang terkumpul tersebut nantinya akan digunakan untuk bantuan kebutuhan pangan dan BLT bagi para pelaku seni tradisional angklung, pengrajin angklung dan kru operasional binaan Saung Angklung Udjo Foundation yang berjumlah 603 orang.

Baca juga: Gaung Kebanggaan Angklung dalam Angklung Pride 7 di Kebon Awi Cijaringao Bandung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here