Beranda Berita Mengenal Kreuz, Sepeda Lipat Buatan Bandung

Mengenal Kreuz, Sepeda Lipat Buatan Bandung

120
Presiden Jokowi menaiki sepeda Kreuz (foto: @jokowi)

Berawal dari keinginan untuk menghadirkan sepeda Brompton sebagai sarana untuk memasarkan tas pannier miliknya, pendiri Kreuz kini kebanjiran order sepeda lipat merek Kreuz yang bentuknya mirip dengan sepeda asal Inggris tersebut. Bahkan banyak pemesan harus menunggu pesanannya selesai 1 hingga 2 tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan oleh Jujun Junaedi dan Yudi Yudiantara yang memulai usahanya sejak akhir tahun 2017 di jalan Cikondang, Cikutra, Bandung. Bisnis utama awalnya adalah pembuatan apparel, seperti tas ransel, tas pannier, dan lain-lain. Sedangkan produksi sepeda lipat baru dimulai pada bulan Maret 2020 ketika banyak penggemar olahraga sepeda yang melakukan pemesanan.

Proses pembuatan sepeda lipat Kreuz (foto: Humas Kota Bandung)

Seperti diketahui, olahraga sepeda menjadi populer akhir-akhir ini, karena kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran mulai meningkat. Terlebih adanya pandemi corona yang membutuhkan imunitas tubuh sebagai pencegahan tertularnya penyakit.

Selain menyehatkan, sepeda juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi yang ramah lingkungan dan hemat biaya, tidak menimbulkan bising, macet dan polusi. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa kota besar di dunia, dan juga pemerintah kota Bandung menyediakan jalur khusus bersepeda yang aman dan nyaman bagi para pesepeda. Bahkan di pebukitan kota Bandung, disediakan pula sarana downhill track dan cross country bagi para penggemar sepeda gunung.

Baca juga: Downhill Track Baru di Cisurupan Bandung Timur

Guna memenuhi kebutuhan penggemar sepeda lipat lokal, Kreuz kini memproduksi kurang lebih 15 unit sepeda per bulannya dengan menyerap banyak tenaga kerja dan UMKM sekitar. Nantinya diharapkan produksi akan meningkat sebanyak 150-300 unit per bulan dengan proses pabrikasi. Sekira 70% pembuatan sepeda Kreuz, saat ini dilakukan di kota Bandung, termasuk suku cadang yang mendetil dan presisi, yang dikerjakan di kawasan Kiaracondong.

Kata “Kreuz” sendiri memiliki makna “melintas” dalam bahasa Jerman. Di ambil dari bahasa Sunda, kareueus berarti kebanggaan. Kreuz juga merupakan singkatan dari Kreasi Urang Sunda.

Guna melakukan pemesanan sepeda lipat Kreuz made in Bandung ini, anda dapat mengunjungi halaman Facebook Kreuz dan Instagram @Kreuz.Indonesia.

Baca juga: Berwisata Sejarah Sambil Bersepeda Keliling Bandung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here