Beranda Atraksi Wisata Melepas Penat dengan Sejuta Keindahan Curug Sawer Cililin, Bandung

Melepas Penat dengan Sejuta Keindahan Curug Sawer Cililin, Bandung

164
Wanawisata alam di Cililin
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

Bicara soal wisata alam di Bandung, seakan tidak ada habisnya. Khususnya air terjun atau masyarakat Sunda biasa menyebutnya Curug. Di daerah Bandung Barat, terdapat sebuah curug yang tidak kalah indahnya dengan deretan curug lainnya, yaitu Curug Sawer yang beralamat di Cililin Gabus Girang, Karangtanjung, Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Wanawisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Panorama alam yang indah, asri dan mempesona, disajikan oleh wanawisata Curug Sawer ini, sehingga menjadi tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi, walaupun hanya untuk sekadar melepas penat dan menghabiskan waktu untuk berlibur. Kawasan Curug Sawer ternyata merupakan habitat asli satwa monyet liar. Jadi tidak asing lagi jika di wanawisata ini para wisatawan dapat melihat langsung monyet liar yang menghuni area sekitar Curug Sawer.

Berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, membuat Curug Sawer Cililin ini memiliki udara yang sejuk. Hutan Pinus alami dan rindangnya pepohonan, menambah indah dan dinginnya wanawisata ini. Curug Sawer ini dikelola oleh KPH Perhutani Cililin sejak 1970 dengan area seluas kurang lebih 8 hektar. Hingga sekarang wanawisata ini dipelihara dan dilestarikan dengan baik.

Baca juga: Venue Gantole Cililin Pelengkap Wisata Terbaru di Bandung

Nama Curug Sawer ini memang terbilang unik, karena kata “Sawer” ini merupakan kata yang sangat identik dengan prosesi pernikahan adat Sunda. Pelaksanaan Sawer ini selalu menggunakan bokor yang isinya uang recehan logam, beras, kacang dan aneka permen, sekaligus pemberian nasihat kepada pasangan pengantin yang baru selesai akad nikah.

Tidak hanya namanya yang unik, Curug Sawer Cililin Bandung juga dipenuhi dengan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Mulai dari percintaan, dan lokasi yang menjadi tempat janji para muda-mudi. Jadi, jangan heran jika para wisatawan yang datang ke Curug Sawer ini mayoritas kaum muda-mudi, terutama saat weekend atau musim liburan.

Harga tiket masuk ke Curug Sawer sebesar Rp. 2.500,- saja/orang, dengan fasilitas yang sudah cukup memadai seperti toilet, mushola, Camping Ground, warung makan/minum dan tempat parkir. Motor dikenakan biaya parkir Rp. 2.500,- dan mobil dikenakan biaya Rp. 5.000,-.

Wanawisata Curug Sawer Cililin Bandung ini, tidak jauh dengan Jl. Raya Cililin, hanya sekitar 2,5 KM, dan asyiknya selama perjalanan menuju Curug Sawer para pengunjung/wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan Hutan Pinus yang asri, dengan udara yang segar dan sejuk untuk dihirup.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here