Beranda Atraksi Wisata Liburan ke Bandung? Jangan Lupa Mampir ke 5 Danau Indah Ini!

Liburan ke Bandung? Jangan Lupa Mampir ke 5 Danau Indah Ini!

2974

Selalu ada saja alasan untuk berlibur ke Bandung. Mulai dari bangunan heritage yang menawan, kuliner yang lezat dan tentu saja bentang alamnya yang menakjubkan. Selain terdapat beberapa tempat wisata dataran tinggi yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, Bandung juga memiliki beberapa danau indah yang tentunya seru untuk dikunjungi. Nah bagi Anda yang berencana liburan di Bandung, jangan lupa mampir ke 5 danau indah di Bandung yang telah kami rangkum.

1. Situ Patenggang

Nama sebenarnya dari danau ini adalah Situ Patengan, namun karena kearifan lokal, banyak yang menyebutnya Situ Patenggang. Nama Patengan sendiri berasal dari asal kata Pateangan yang berhubungan dengan mitos terjadinya danau ini. Dewi Rengganis dan Ki Santang yang sempat terpisah jauh akhirnya bertemu kembali di tempat ini setelah saling mencari atau dalam Bahasa Sunda disebut ‘Pateang-teang.’Air mata haru Dewi Rengganis yang bertemu cinta sejatinya kemudian menjadi air danau ini.

Di Situ Patengan Anda dapat menyewa perahu untuk mengelilingi danau dan mengunjungi batu cinta yang berada di tengah danau tersebut. Konon katanya, barangsiapa yang mengunjungi batu cinta bersama dengan pasangannya maka cintanya akan abadi, seperti cinta Dewi Rengganis kepada Ki Santang. Anda juga dapat mengunjungi Pinisi Resto yang merupakan sebuah restaurant berbentuk perahu layar besar di samping danau.
Letak Situ Patenggang berada di kawasan dataran tinggi Ciwidey, Bandung Selatan. Untuk mencapainya, Anda dapat melalui Jl. Raya Soreang-Ciwidey dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam dari pusat Kota Bandung.

Baca juga: Glamping Lakeside, Pesona Keindahan di Sisi Situ Patenggang Bandung

Baca juga: Top 8 Wisata Alam Lembang, Bandung

2. Situ Cileunca

Danau ini dibuat pada tahun 1919 hingga 1926. Dulunya kawasan yang menjadi Situ Cileunca ini merupakan milik seorang Belanda yang tinggal di Pangalengan. Kini hampir 1 abad lamanya, Situ Cileunca telah menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Bandung Selatan yang memiliki beragam atraksi seru. Mulai dari flying fox, jet ski, hingga arung jeram ada di sini. Luas danau buatan ini mencapai 181 Ha. Bila Anda mengunjunginya saat pagi hari, Anda dapat melihat bagaimana kabut yang cukup tebal memenuhi area danau, hal ini dikarenakan karena lokasi danau ini berada pada ketinggian 1.550 MPDL. Untuk mencapainya, Anda dapat menggunakan roda empat melalui Jl. Tol Padaleunyi yang dilanjutkan ke arah Jl. Raya Kamasan Banjaran. Waktu tempuh untuk dapat sampai ke Situ Cileunca dari Pusat Kota Bandung adalah sekitar 2 jam.

3. Situ Cisanti

Situ Cisanti ini merupakan hulu dari Sungai Citarum. Namun jangan mengira karena danau ini merupakan hulu Sungai Citarum yang terkenal kotor maka kondisi air di sini akan sama pula. Justru air Situ Cisanti sangatlah jernih dikarenakan belum terkotori manusia. Berbeda dengan Situ Cileunca, Situ Cisanti ini merupakan danau yang terbentuk secara alamiah karena keberadaan 7 mata air yang memancar di area tersebut. Anda cukup membayar Rp.7.500 saja untuk dapat masuk ke dalam wana wisata Situ Cisanti. Tak jarang pengunjung yang datang ke mari mendirikan tenda untuk berkemah di pinggir danau. Letak Situ Cisanti ini tepat berada di kaki Gunung Wayang, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Waktu perjalanan yang ditempuh untuk mencapai Situ Cisanti ini kira-kira mencapai 2,5 jam.

4. Waduk Saguling

Waduk Saguling adalah sebuah danau buatan yang awalnya dibuat untuk keperluan pembangkit tenaga listrika yang dapat menyediakan kebutuhan listrik sampai seluruh Pulau Jawa dan Bali, bersama-sama dengan Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur. Namun kini cukup banyak yang berkunjung ke kawasan Waduk Saguling untuk berwisata bersama keluarga. Karena luas wilayahnya yang mencapai 5.600 Ha, Waduk Saguling ini dapat diakses dari berbagai tempat di Kabupaten Bandung Barat seperti Kota Baru Parahyangan atau Villa Perancis. Dengan melalui Tol Pasteur, Anda dapat mencapainya hanya dalam waktu kurang dari 2 jam dalam kondisi lalu lintas normal.

5. Situ Sangkuriang

Danau yang satu ini memang tidak sepopuler keempat danau lainnya. Padahal pemandangan yang ditawarkannya tak kalah indah. Dari sinilah Sungai Cikapundung yang melintasi wilayah administrasi Kota Bandung berasal. Lokasinya terletak di Kaki Gunung Bukit Tunggul, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Nama Sangkuriang disematkan kepada danau ini, karena menurut mitos di sinilah tempat Sangkuriang mencuci kayu-kayu yang akan dibuat perahu sebagai syarat memperistri Dayang Sumbi. Di kawasan Situ Sangkuriang ini tersedia pula area penginapan dan camping ground yang dapat digunakan pengunjung.

Untuk mencapainya, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja dari Kota Bandung. Anda dapat menggunakan Jl. Raya Lembang ataupun Dago Giri menuju kawasan Maribaya hingga tembus ke arah Cibodas, Lembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here