Beranda Kuliner Warung Kopi Purnama, Digemari karena Punya Jati Diri

Warung Kopi Purnama, Digemari karena Punya Jati Diri

717
Kopi dan Roti Srikaya khas Warung Kopi Purnama
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

“Kopi terbaik akan selalu menemukan penikmatnya,” begitu bunyi kutipan populer dari sebuah adegan di film Filosofi Kopi yang sempat hits beberapa tahun lalu. Nampaknya, kutipan tersebut akan sangat cocok bila disematkan ke Warung Kopi Purnama yang merupakan tempat ngopi tertua di Bandung. Walaupun kini Bandung memiliki banyak coffee shop bertebaran dengan konsep yang kekinian, Warung Kopi Purnama tetap digemari karena mempunyai jati diri yang tak luntur oleh waktu.

Awalnya, Warung Kopi Purnama ini bernama Chang Chong Shi saat pertama kali didirikan oleh Jong A Tong pada tahun 1930. Namanya tersebut memiliki arti “silakan mencoba” dalam Bahasa Indonesia. Warung kopi ini baru berganti nama menjadi Warung Kopi Purnama pada tahun 60an. Rupanya, pemilihan nama “Purnama” pun tidak asal. Nama tersebut dipilih karena dianggap memiliki hoki. Inspirasi itu datang dari bulan purnama yang memiliki bentuk bulat sempurna.

Suasana di dalam Warung Kopi Purnama

Seiring dengan perkembangan zaman, walaupun dapat berinovasi dari segi ragam pilihan menu, namun Warung Kopi Purnama masih mempertahankan cita rasa hidangan yang menjadi andalannya, mulai dari aneka menu racikan kopi, hingga roti selai resepnya benar-benar orisinil. Khusus untuk kopinya, warung yang kini telah dijalankan oleh generasi ke-4 tersebut menggunakan kopi campuran arabika-robusta yang berasal dari Medan. Lalu ada juga produk minuman Sarsaparilla yang cukup laris dipesan pengunjung, terutama pada kondisi cuaca yang sedang panas. Di samping roti, Warung Kopi Purnama juga menawarkan beberapa jenis makanan berat yang dapat dipilih sesuai dengan selera, seperti nasi goreng, bakmie, lontong, dan bakcang.

Tak hanya cita rasa istimewa dari Warung Kopi Purnama yang dipertahankan hingga sekarang, tetapi juga rancangan tempat dan suasananya yang masih memunculkan ciri khas kombinasi dari Indonesia, China, dan Belanda. Walaupun begitu, perubahan minor, perluasan tempat, dan penambahan fasilitas tentu tetap dilakukan untuk meraih pelanggan baru dari kalangan millennial, seperti area outdoor di bagian tengah, serta private room di lantai dua yang dapat dipesan khusus untuk maksimal 15 orang.

Ruangan Outdoor di Warung Kopi Purnama

Bagi Anda yang memang gemar berwisata kuliner, tentunya Warung Kopi Purnama ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan untuk dikunjungi di Bandung. Lokasinya ini beralamat di Jl. Alkateri No. 22, yang akses masuknya ada di Jl. Asia Afrika (tak jauh setelah Kantor Pos). Warung Kopi Purnama ini buka setiap hari pada pukul 06.30-22.00 WIB. Untuk reservasi, Anda dapat menghubungi (022) 420 1841.

Baca juga: 3 Kuliner Legendaris Paling Dicari di Bandung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here