Beranda Berita 3 Kuliner Legendaris Paling Dicari di Bandung

3 Kuliner Legendaris Paling Dicari di Bandung

945

Sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda dulu, Bandung memang sudah dikenal dengan julukan Parijs Van Java. Sebagai kota yang menyandang sebutan Parisnya Pulau Jawa, Setiap akhir pekan para juragan perkebunan dan para elite Eropa pun selalu menyempatkan berbelanja atau mencicipi kuliner yang terpusat di kawasan Jl. Braga dan sekitarnya. Sampai sekarang, beberapa tempat kuliner yang membuka gerainya pada zaman tersebut masih dapat ditemui bila Anda berwisata ke Bandung. Resep menu yang diwariskan turun temurun menjadikan tempat-tempat kuliner tersebut paling dicari oleh wisatawan. Dan berikut ulasan singkat kami mengenai kuliner legendaris tersebut.

1. Braga Permai

Saat pertama kali berdiri pada tahun 1918, restoran ini dikenal dengan nama Maison Bogerijen. Nama tersebut diambil dari nama sang pemilik yaitu L. van Bogerijen. Namun sebelum menempati tempatnya yang sekarang ini, Maison Bogerijen terletak di sisi timur persimpangan Jl. Braga. Bentuknya dulu pun tak seperti sekarang. Dulu restoran ini memiliki arsitektur khas rumah tradisional Eropa yang mewah. Walaupun bentuk fisiknya telah berubah, namun resep beberapa menu makanan ringan yang ditawarkannya saat ini masih dipertahankan. Kue-kue khas Belanda seperti poffertjes, ontbijkoek dan booterstaf masih dapat Anda cicipi di sini sambil menikmati suasana Jl. Braga.

Baca juga: Menikmati Pagi di Bandung bersama Menu Sarapan Istimewa ala Braga Permai

Braga Permai



2. Sumber Hidangan

Walau sama-sama berlokasi di Jl. Braga, Sumber Hidangan ini cenderung agak sulit ditemukan dibandingkan dengan Braga Permai. Ketiadaan plank nama tempat yang dipajang di luar bangunan, serta banyaknya pelukis jalanan menggunakan dinding toko sebagai tempat memajang lukisan menjadi alasan utamanya. Awalnya restoran ini bernama het Snoephuis atau dalam Bahasa Indonesia berarti Rumah Makanan Manis. Sesuai dengan namanya, het Snoephuis menjual beragam makanan manis seperti roti dan kue. Sampai sekarang, toko yang mulai beroperasi sejak tahun 1929 ini masih menyajikan aneka cemilan tradisional khas Belanda seperti Moorkoppen, Bokkepootjes dan Tompoesjes. Selain kue dan roti, Anda juga dapat mencicipi home made ice creamnya yang sangat lezat, serta Sorbet Framboise-nya yang segar.

Baca juga: Cita Rasa Klasik Roti dan Kue Sumber Hidangan Bandung

Kue-kue Khas Belanda

3. Warung Kopi Purnama

Sebelum bisnis kedai kopi ramai di berbagai penjuru kota seperti sekarang, Warung Kopi Purnama telah membuka gerainya sejak tahun 1930. Kedai yang dulunya bernama Chang Chong Se ini pun masih mempertahankan menu-menu legendaris yang sejak dulu disajikan kepada para pelanggannya. Tak hanya racikan kopinya saja yang disukai, Warung Kopi Purnama juga memiliki menu Roti Bakar Srikaya yang menjadi menu khasnya selama puluhan tahun. Selain roti dan kopi, pengunjung juga dapat menikmati semangkuk mie bakso yang lezat disantap hangat-hangat.

Baca juga: Warung Kopi Purnama, Digemari karena Punya Jati Diri

Warung Kopi Purnama
Warung Kopi Purnama
Kopi dan Roti Bakar Srikaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here