Beranda Berita Tempat Rekomendasi untuk Melihat Super Blue Blood Moon 2018 di Bandung

Tempat Rekomendasi untuk Melihat Super Blue Blood Moon 2018 di Bandung

1102

Tanggal 31 Januari 2018 akan menjadi hari yang sangat istimewa. Karena pada hari tersebut, akan terjadi sebuah peristiwa langit di mana tiga fenomena bulan terjadi pada saat yang bersamaan yaitu Supermoon, Blood Moon dan Blue Moon. Fenomena yang dinamakan Super Blue Blood Moon ini terakhir kali terjadi pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu. Supermoon sendiri terjadi ketika bulan berada pada titik terdekat dari bumi, sehingga ukurannya akan terlihat lebih besar. Dan tahun ini fenomena supermoon akan terjadi dua kali dalam satu bulan, sehingga peristiwa ini disebut dengan Blue Moon. Sedangkan Blood Moon terjadi karena sinar matahari mengalami pembiasan pada atmosfer bumi selama Gerhana Bulan Total. Bagi anda yang ingin menyaksikan fenomena ini, kami coba merekomendasikan beberapa tempat terbaik untuk melihat Super Blue Blood Moon di Bandung.

1. Tempat Observasi

Dalam momen terjadinya fenomena langit kali ini, ada dua tempat yang menyelenggarakan acara observasi, yaitu Pusat Sains Antariksa LAPAN Bandung dan Sasana Budaya Ganesha. Pihak penyelenggara mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengamati sekaligus memberikan edukasi mengenai peristiwa Super Blue Blood Moon. Pusat Sains Antariksa LAPAN Bandung sendiri berlokasi di Jl. Dr. Djundjunan (Pasteur) No.133 Bandung, sedangkan Sasana Budaya Ganesha berada di Jl. Taman Sari. No.73 Bandung.

2. Alam Terbuka

Untuk dapat mengamati fenomena Super Blue Blood Moon, memang sebaiknya untuk sedikit menjauh dari riuhnya perkotaan dan bergerak menuju alam terbuka. Alasannya dikarenakan lampu perkotaan yang sangat terang membuat langit terpapar polusi cahaya yang terlalu berlebihan hingga sedikit merusak pemandangan bulan. Rekomendasi alam terbuka di Bandung yang cukup jauh dari lampu kota di antaranya adalah Kampung Cai Ranca Upas, dan Situ Cileunca.

3. Tempat-Tempat Ikonik Di Bandung

Untuk mendapatkan foto-foto unik dengan suasana menarik, para penggemar fotografi dapat mendatangi tempat-tempat dengan bentuk ikonik di Bandung, seperti Jembatan Pasupati, Gedung Sate, dan Masjid Raya Bandung. Dan jangan lupa untuk mencari spot foto yang menghadap ke arah timur di mana bulan mulai muncul.

Infografis Super Blood Blue Moon

Tautan asli artikel ini: http://yourbandung.com/tempat-rekomendasi-untuk-melihat-super-blue-blood-moon-2018-di-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here