Beranda Berita Melihat Bandung Berkabut di Taman Puspa Kandaga

Melihat Bandung Berkabut di Taman Puspa Kandaga

Kolam Berkabut di Taman Puspa Kandaga (foto: Humas Kota Bandung)

Bila Anda ingin bernostalgia menikmati Kota Bandung berselimut kabut, kini Anda bisa melihatnya di salah satu kolam retensi di Taman Puspa Kandaga yang terletak di Jalan Citarum.

Namun, sayangnya Anda harus bersabar menunggu sampai pandemi Covid-19 berakhir untuk menikmati kolam bekabut ini. Hal ini karena Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung masih menutup fasilitas-fasilitas publik selama pandemi berlangsung.

Kolam retensi merupakan bagian dari upaya Pemkot Bandung untuk mengatasi masalah banjir di hilir. Pembuatan kolam retensi ini juga terinspirasi dari kondisi ketika pada zaman baheula di Kota Bandung masih terdapat danau-danau (situ) untuk menampung air.

Baca juga: Satu Lagi yang Baru di Bandung: Teras Cikapundung

Selain di Taman Puspa Kandaga, kolam retensi juga terdapat di Gedebage, penataan aliran sungai di Cafe Walungan Pagarsih, Serlok Bantaran dan lokasi lainnya.

Dikutip dari berita Humas Kota Bandung, kolam retensi berkabut ini dioptimalisasi dengan menambahkan kabut dan instalasi saringan. Dengan demikian air yang masuk ke kolam menjadi lebih jernih. Kabut ini bukan merupakan hasil proses kimia, tetapi memanfaatkan pendekatan proses fisika melalui mist technology dengan pompa bertekanan tinggi untuk menekan air melalui nozzle berdiameter nano, sehingga menghasilkan butiran sangat kecil.

Air yang digunakan untuk menghasilkan kabut ini, berasal dari air tanah yang diambil langsung secara terpisah dari aliran sungai, untuk memastikan keamanannya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here