Beranda Bandung Barat Nuansa Bandung Rasa Thailand di Vihara Vipassana Graha

Nuansa Bandung Rasa Thailand di Vihara Vipassana Graha

4028

Selain Indonesia, Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang juga terkenal karena wisata alam dan budayanya yang eksotis. Di Thailand, kita dapat menemukan berbagai macam bangunan tua berupa candi dan kuil. Bila di Indonesia ada Borobudur dan Prambanan, di Thailand ada Angkor Wat. Beberapa bangunan lainnya di Thailand memiliki sebuah ciri yang sangat khas dengan bentuk atap yang meruncing ke atas bagaikan corong. Namun ternyata, tak hanya di Thailand saja Anda dapat menemukan bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur seperti itu. Karena di Bandung, Indonesia, ada sebuah Vihara yang memiliki nuansa layaknya Negeri Gajah Putih tersebut yang bernama Vihara Vipassana Graha.

Pura Bergaya Ala Bali yang Terdapat di area Vihara Vipassana Graha

Vihara Vipassana Graha ini terletak di kawasan Parongpong, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Walaupun tempat ini merupakan tempat bersembahyang bagi Agama Budha, kawasan ini bebas dikunjungi oleh siapapun yang ingin sekedar melihat ataupun berfoto. Bahkan di salah satu sudutnya terdapat sebuah ornamen berbentuk “love” yang dapat digunakan oleh pengunjung sebagai photo booth.

Salah Satu Sudut Vihara Vipassana Graha yang Telah dilengkapi Fasilitas Photo Booth

Bangunan Vihara Vipassana Graha ini memiliki nuansa Thailand yang sangat kuat. Selain bentuk bangunannya, terdapat pula dua patung gajah putih yang menjadi julukan negara tersebut, serta bendera Thailand yang menghiasi beberapa sudut bangunan bersama-sama dengan bendera Indonesia. Warna bangunan vihara ini didominasi dengan warna putih dengan sedikit aksen warna emas di bagian-bagian tertentu. Mirip dengan bangunan Nong Nooch Village bila di Thailand.

Bangunan Vihara Vipassana Graha yang didominasi warna putih dan atap runcing

Di samping bangunan vihara bergaya Thailand, di area sekitar bangunan tersebut ada juga bangunan yang dengan gaya pagoda bertumpuk dan sebuah gapura yang menampilkan kesan Bali yang sangat kental. Lalu ada juga sebuah bangunan yang berisikan 10.000 patung Budha kecil berukuran sekitar 20 cm mengisi hampir seluruh dinding ruangan.

Deretan 10.000 Patung Budha di Dinding

Untuk dapat berwisata ke Vihara Vipassana Graha ini, Anda cukup mendonasikan uang dengan jumlah berapapun ke dalam tempat yang disediakan. Namun bagi Anda yang berasal dari luar Bandung, Anda juga dapat menyewa kamar yang berada di area komplek Vihara Vipassana Graha. Lokasinya yang berada di kawasan Lembang akan memudahkan Anda untuk berkeliling ke tempat wisata lain yang ada di dekatnya.

Baca juga: Top 8 Wisata Alam Lembang, Bandung

Ruangan 10.000 Patung Budha di Vihara Vipassana Graha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here