Home Atraksi Wisata Menonton Pertandingan Olahraga Sekaligus Berwisata di Bandung

Menonton Pertandingan Olahraga Sekaligus Berwisata di Bandung

179
0

Bandung kembali berdandan. Setelah menjadi tuan rumah dalam peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 tahun 2015 lalu, tahun ini Bandung, Jawa Barat kembali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan PON (Pekan Olahraga Nasional) ke-XIX. Menyandang status sebagai Ibukota Provinsi Jawa Barat, tentunya Kota Bandung kebagian jatah paling besar sebagai kota penyelenggara pertandingan yang utama. Setidaknya selama bulan September dan Oktober 2016, Kota Bandung akan banyak kedatangan tamu dari seluruh penjuru nusantara, dari mulai para kontingen hingga supporter yang datang dari tiap daerah.

Ada atau tiadanya PON XIX, Bandung selalu memiliki pesona yang mengundang para wisatawan untuk dapat berkunjung ke kota yang satu ini. Sebut saja daerah Lembang, Braga dan Ciwidey yang setiap akhir pekan menjadi primadona destinasi wisata di Bandung Raya. Kehadiran gelaran PON di tahun 2016 ini tentunya menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bandung, terutama ke daerah yang memiliki kedekatan dengan venue pertandingan PON, beberapa diantaranya adalah :

1. Area Wisata Alam Lembang

Kawasan yang terletak di Bandung sebelah utara ini terletak dekat dengan Komplek Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia yang menjadi venue pertandingan untuk kategori renang, hockey indoor, Tae Kwon-Do, loncat indah, softball dan sepak takraw. Sepulang pertandingan Anda dapat berkunjung ke farmhouse, The Lodge Maribaya, atau bersantai di pemandian air panas Ciateur, Subang.

ponjabar_05

2. Wisata Heritage Jalan Braga dan Asia Afrika

Kedua jalan ini terletak di jantung Kota Bandung. Berbagai gedung tua peninggalan pemerintahan kolonial Belanda menjadi atraksi wisata dalam kota yang menarik bagi wisatawan. Terutama Jalan Braga yang tak hanya terkenal dari sisi historis namun juga cukup populer sebagai destinasi wisata seni di Kota Bandung. Berbagai jenis kreasi seni terpajang di sepanjang jalan Braga maupun di galeri yang berada di jalan ini. Lokasi Jalan Braga ini cukup dekat dengan GOR Saparua maupun Graha Siliwangi yang juga digunakan dalam gelaran PON di Jawa Barat untuk menyelenggarakan pertandingan billiard, squash, tennis, bowling, sepatu roda, judo dan gulat.

ponjabar_02

3. Wisata Perbelanjaan Jalan Riau dan Dago

Jalan Riau dan Jalan Dago merupakan dua jalan yang sangat populer sebagai tempat nongkrong anak muda maupun aktivitas belanja keluarga. Kedua jalan ini terkenal karena keberadaan Factory Outlet dan café di kiri kanan jalan. Beberapa taman tematik pun cukup dekat keberadaannya dengan jalan ini, seperti Taman Super Hero dan Taman Fotografi. Sama halnya dengan Braga dan Asia Afrika, kedua jalan ini pun cukup dekat lokasinya dengan GOR Saparua dan Graha Siliwangi, serta GOR Pajajaran yang merupakan venue digelarnya pertandingan tarung derajat dan wushu.

ponjabar_01

4. Wisata Alam Ciwidey

Salah satu venue pertandingan PON utama yang cukup banyak menggelar pertandingan adalah Komplek Olahraga Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, di komplek olahraga ini selain menggelar pertandingan sepakbola juga menggelar pertandingan angkat besi, voli indoor, panahan, hockey outdoor, polo air dan binaraga. Tak jauh dari Si Jalak Harupat ada lapangan terbang Lanud TNI AU Sulaiman tempat digelar pertandingan aeromodelling. Lokasi kedua venue pertandingan tersebut searah dengan wisata alam di kawasan Ciwidey. Di Ciwidey Anda dapat berwisata ke Penangkaran Rusa Ranca Upas, Situ Patengan dan Kawah Putih.

Nah, banyak sekali pilihan wisata yang bisa Anda dapatkan saat mendukung tim kesayangan Anda berlaga di Bandung. Menonton pertandingan sekaligus menikmati berbagai atraksi wisata yang ditawarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here