Beranda Atraksi Wisata Kampung Wisata Jelekong, Pusat Seni Lukis Bandung yang Mendunia

Kampung Wisata Jelekong, Pusat Seni Lukis Bandung yang Mendunia

1170
Kampung Wisata Jelekong

Selain menyuguhkan berbagai wisata alam dan kuliner, Bandung juga dikenal karena kaya akan wisata seni dan budayanya. Salah satunya adalah Kampung Wisata Jelekong yang menjadi pusat seni lukis yang mendunia.

Kampung Wisata Jelekong terletak di Jalan Laswi, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Saat memasuki gerbang kampung Jelekong, Anda akan disambut dengan lukisan tokoh wayang Cepot, serta sebuah terdapat pula sebuah pangkala ojek yang bertuliskan “SAR Giriharja Jelekong” sebagai penanda tempat.

Selama menyusuri jalan yang ada di Kampung Wisata Jelekong, Anda akan disuguhkan dengan beragam lukisan indah yang berderet di kios-kios yang ada di kiri dan kanan jalan. Di antara kios lukisan yang buka, tak jarang kita akan melihat beberapa pelukis tengah beraktivitas. Para pelukis tampak sibuk dengan kanvas, palet, dan berbagai macam cat lukis dengan aneka warna.

Mayoritas penduduk kampung Jelekong adalah pelukis. Darah seni telah mengalir dari generasi ke generasi warga kampung Jelekong. Bahkan, sejak balita sudah dikenalkan dengan dunia seni lukis sehingga tak butuh waktu lama bagi para remaja kampung Jelekong untuk bisa melukis dengan mahir. Oleh karena itu, sebagian besar warga kampung Jelekong menjadikan lukisan sebagai mata pencahariannya. Wawan, salah satu pelukis kampung Jelekong telah menggeluti profesi ini selama lebih dari sepuluh tahun. Wawan mengatakan bahwa dalam satu hari ia bisa melukis hingga 10 lukisan. Satu lukisannya dihargai mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per lembar. Lukisan yang ia buat termasuk ke dalam lukisan industri, di mana dibuat sesuai dengan permintaan pembeli. Sehingga dalam pembuatannya pun cukup singkat, tidak seperti lukisan seni yang bisa dibuat hingga berbulan-bulan.

Lukisan-lukisan dari Kampung Wisata Jelekong banyak dikirim ke Bali untuk dijual lagi. Bahkan, tak jarang pula ada yang dikirim sampai ke luar negeri. Pengiriman lukisan dari kampung Jelekong bisa mencapai 1.000 lembar setiap minggunya. Sementara untuk pasar di wilayah Bandung, lukisan-lukisan kampung Jelekong dijual di sekitaran Jalan Alkateri dan Jalan Braga. Kendati banyak lukisan yang didistribusikan di tempat lain, ada pula beberapa orang langganan yang membeli langsung lukisan ke Kampung Jelekong.

Sanggar Lukis di Kampung Wisata Jelekong

Selain menjual lukisan, Anda pun dapat belajar melukis dari beberapa orang seniman di Kampung Wisata Jelekong. Salah satunya adalah Iman yang memang menawarkan jasa kursus melukis kepada pengunjung. Galeri lukis Iman yang berbentuk gazebo dengan hiasan patung wayang Cepot raksasa menjadi salah satu pusat kursus seni lukis. Sudah banyak orang yang datang ke galeri lukis Iman untuk belajar melukis. Tak hanya berasal dari luar kota, wisatawan mancanegara pun ada yang sengaja datang ke Kampung Jelekong hanya untuk belajar melukis bersama Iman. Iman mematok tarif kursus melukis sebesar Rp 50.000-100.000 per hari untuk orang lokal. Sementara untuk wisatawan mancanegara ditarik sebesar Rp 300.000 per hari dengan menyediakan berbagai macam fasilitas seperti makan dan penginapan.

Baca juga: http://yourbandung.com/4-creative-space-galeri-seni-yang-asyik-buat-nongkrong-di-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here