Beranda Atraksi Wisata 9 Masjid yang Menjadi Destinasi Wisata Religi di Bandung

9 Masjid yang Menjadi Destinasi Wisata Religi di Bandung

648
Masjid Trans Studio Bandung

Tak hanya memiliki fungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid juga umumnya dikenal sebagai salah satu alternatif destinasi wisata religi. Hal ini biasanya tak terlepas dari keindahan rancangan arsitektural yang melekat pada sebuah masjid. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Bandung, berikut ini kami rekomendasikan 9 masjid yang dapat menjadi destinasi wisata religi.

1. Masjid Trans Studio Bandung

Berlokasi di kawasan wisata terpadu Trans Studio Bandung, masjid yang diresmikan tahun 2015 ini tentunya menjadi salah satu destinasi menarik bagi wisatawan. Daya tariknya terletak pada desainnya yang mengadaptasi Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu, kubahnya yang berwarna keemasan pun menjadi sisi yang juga menarik secara visual. Masjid Trans Studio Bandung ini juga merupakan salah satu masjid yang sangat aktif dalam perihal kegiatan keagamaannya di Kota Bandung.

Lokasi: Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 289

2. Masjid Lautze 2

Masjid Lautze 2 merupakan masjid pertama di Kota Bandung yang memiliki kesan Tionghoa yang kuat. Warna merah dan kuning mendominasi bangunan yang lokasinya berada tepat di pinggir jalan tersebut. Walaupun tak begitu luas, namun aktivitas masjid ini cukup aktif dan banyak menerima pengunjung yang juga ingin belajar lebih dalam mengenai agama Islam. Oleh karena itu, Masjid ini juga memiliki fungsi sebagai pusat pembelajaran bagi muallaf.

Lokasi: Jl. Tamblong No. 27

Masjid Lautze 2

3. Masjid Al-Imtizaj

Al-Imtizaj memiliki arti “pembauran” atau dalam Bahasa Mandarin disebut dengan “ronghe”. Sama halnya dengan Masjid Lao Tze 2, Masjid Al-Imtizaj juga bergaya rancang bangun Tionghoa dan berfungsi sebagai pusat pembelajaran bagi muallaf. Lokasinya yang berada tak jauh dari kawasan wisata Braga dan Asia Afrika membuat masjid ini tak pernah sepi pengunjung. Bangunannya pun lebih luas dan memiliki ciri khas dengan bentuk atap yang menyerupai kelenteng.

Lokasi: Jl. ABC No. 8

 

Masjid Al-Imtizaj

Baca juga: Lautze 2 dan Al-Imtizaj, Dua Masjid Bergaya Arsitektur Tionghoa di Bandung

4. Masjid Pusdai

Masjid ini memiliki bentuk yang tak biasa yang menyerupai kubus-kubus yang bertumpuk. Karena tempatnya yang strategis serta wilayahnya yang luas, kawasan pelatarannya pun sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event. Saat bulan suci Ramadan, Masjid Pusdai ini dikenal juga sebagai masjid yang cukup banyak didatangi orang untuk melakukan itikaf. Selain itu, setiap hari Jumat ada pasar kaget yang diselenggarakan di salah satu jalan di samping bangunannya.

Lokasi: Jl. Diponegoro No. 63

Masjid Pusdai

5. Masjid Al-Ukhuwwah

Lokasi masjid ini berada persis di seberang komplek kawasan Balai Kota Bandung. Bagian luarnya terlihat sangat mencolok dengan bentuk atap bangunan segitiga runcing. Masjid ini tergolong cukup populer karena berada tak jauh dari kawasan perbelanjaan Jl. Merdeka, serta wisata kuliner Jl. Aceh yang tepat berada di samping bangunan.

Lokasi: Jl. Wastukancana No. 7

Masjid Al-Ukhuwwah

6. Masjid Raya Bandung

Masjid ini lebih populer dengan nama Masjid Agung Bandung. Bangunan masjidnya sendiri menyatu dengan lapangan Alun-Alun Bandung, sehingga kondisinya selalu ramai. Selain itu terdapat dua buah menara dengan tinggi masing-masing 81 meter yang bisa dinaiki oleh pengunjung. Dari menara tersebut, Anda bisa melihat pemandangan Kota Bandung dengan cukup jelas.

Lokasi: Jl. Dalem Kaum No. 14

Masjid Raya Bandung

7. Masjid Cipaganti

Masjid Cipaganti merupakan sebuah masjid yang usianya sudah cukup tua. Bangunannya sendiri dirancang oleh C. P. Wolff Schoemaker yang juga mengarsiteki Gedung Merdeka, Villa Isola, dan De Majestic. Sentuhan khas Schoemaker pada desain bangunan ini menjadikan bentuk masjid ini memiliki campuran gaya Eropa-Jawa.

Lokasi: Jl. Cipaganti No. 85

Masjid Cipaganti

8. Masjid Al-Irsyad

Lokasi Masid Al-Irsyad ini berada di kawasan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat. Desainnya sendiri merupakan karya dari arsitek Ridwan Kamil yang juga menjabat sebagai walikota Bandung periode 2013-2018. Dari luar bentuknya seperti kubus, sementara di bagian dalamnya kiblat masjid ini diarahkan ke sebuah batu yang berada di luar bangunan danberlafadzkan Allah.

Lokasi: Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan

Masjid Al-Irsyad

9. Masjid Al-Multazam

Sama halnya dengan Masjid Al-Irsyad, Masjid Al-Multazam juga merupakan rancangan dari arsitek Ridwan kamil. Bentuknya pun sama-sama menyerupai sebuah kubus, namun perbedaanya terletak pada detil lafadz hamdallah yang memenuhi keseluruhan dinding masjid.

Lokasi: Cherryfield, Jl. Ciganitri, Cipagalo

Masjid Al-Multazam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here