Beranda Budaya Lautze 2 dan Al-Imtizaj, Dua Masjid Bergaya Arsitektur Tionghoa di Bandung

Lautze 2 dan Al-Imtizaj, Dua Masjid Bergaya Arsitektur Tionghoa di Bandung

415
Masjid Lautze 2 Bandung

Kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Nusantara pada abad ke-15 memberikan beragam dampak yang sampai sekarang dapat dirasakan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah agama Islam. Laksamana dari Tiongkok ini memang dikenal sebagai seorang Muslim yang memiliki andil besar dalam penyebaran Agama Islam di negara-negara yang pernah dikunjunginya, tak terkecuali Indonesia. Hal ini kemudian menjadi inspirasi didirikannya masjid dengan rancangan bergaya arsitektur Tionghoa yang kini dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Seperti halnya Masjid Lautze 2 dan Masjid Al-Imtizaj di Bandung.

Angka “2” disematkan pada Masjid Lautze 2 dikarenakan masjid ini merupakan Masjid Lautze ke-2 yang didirikan di Indonesia. Sedangkan Masjid Lautze yang pertama lokasinya berada di Jakarta. Kedua masjid ini merupakan inisiasi dari seorang Muslim keturunan Tionghoa bernama Ali Karim. Kata “Lautze” sendiri memiliki arti “guru” dalam Bahasa Tiongkok. Dan memang Masjid Lautze 2 ini menjadi tempat untuk berguru bagi para mualaf Tionghoa di Bandung.  Masjid ini berlokasi di pinggir jalan, menempati sebuah ruko kecil di Jl. Tamblong. Walaupun ukurannya tak begitu besar, namun masjid ini cukup ramai dikunjungi oleh umat Islam yang hendak beribadah maupun wisatawan yang penasaran.

Satu masjid lain yang bangunannya bergaya arsitektur Tionghoa adalah Masjid Al-Imtizaj. Masjid Al-Imtizaj ini dalam Bahasa Tionghoa memiliki arti “ronghe” atau “pembauran” dalam  Bahasa Indonesia. Sama halnya dengan Masjid Lautze 2, Masjid Al-Imtizaj ini menjadi pusat bimbingan bagi mualaf yang baru masuk Islam, serta bagi siapapun yang ingin belajar mengenai Islam. Masjid dua lantai yang berdiri pada tahun 2010 ini ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan dengan Masjid Lautze 2. Bangunannya pun memiliki teras yang cukup luas dengan beberapa bangku yang disediakan untuk jemaat yang hendak salat membuka sepatunya, serta menjadi tempat tunggu bagi yang sedang tidak melaksakan salat. Lokasi Masjid Al-Imtizaj ini berada di Jl. ABC No.8, menempati ruang sebelah utara bekas pusat perbelanjaan Banceuy.

Masjid Al-Imtizaj (Ronghe) Bandung

Masjid Lautze 2 dan Masjid Al-Imtizaj sama-sama memiliki ciri khas bangunan yang didominasi warna merah dan kuning emas. Namun tentunya masing-masing dari keduanya memiliki keunikan tersendiri. Nah, dari kedua masjid tersebut, manakah yang pernah Anda kunjungi saat sedang berada di Bandung?

Baca juga: http://yourbandung.com/wisata-pecinan-ala-chinatown-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here