Beranda Atraksi Wisata Wisata Kreatif Baru di Kampung Wisata Cigadung Bandung

Wisata Kreatif Baru di Kampung Wisata Cigadung Bandung

Showroom Batik di Rumah Batik Komar.

Kampung Wisata Kreatif Cigadung yang berlokasi di utara kota Bandung ini, diresmikan pada Selasa, 24 November 2020 langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Berhawa sejuk dan dingin, Kampung Wisata Kreatif Cigadung merupakan kampung wisata kedua yang diresmikan setelah Kampung Wisata Kreatif Braga. Nantinya akan terdapat 8 buah Kampung Wisata di kota Bandung selain di Braga dan Cigadung, diantaranya di Binong dan Gedebage. 

Terbentuknya Kampung Wisata Kreatif Cigadung yang berawal dari Cigadung Creative Belt ini, tak lepas dari peran serta masyarakat, tokoh masyarakat, kelompok penggerak pariwisata di Kelurahan Cigadung yang bekerjasama dengan kewilayahan, yaitu Kelurahan dan Kecamatan untuk mengembangkan dan menggali potensi daerahnya secara mandiri. Pada kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) tersebut, ada sekira 69 potensi wisata dan destinasi yang terdiri dari sektor fashion, kerajinan, kuliner, akomodasi penginapan, dan seni budaya.

Baca juga: Disbudpar Kota Bandung Luncurkan Bandung Creative Belt untuk Kembangkan Pariwisata Kreatif

Hadir pada acara peresmian tersebut 10 tenant dari Kelurahan Cigadung, diantaranya Saung cepot, Saung Kasep, Wale, Batik Hasan, Batik Komar, Batik Cigadung, Studio Rosid, Kuliner Cigadung, Komunitas Koran, dan Gajua Teh. 

Beberapa pengunjung sedang menyaksikan proses pengecapan batik di Rumah Batik Komar.

Guna mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke Kampung Wisata Cigadung, akan dibuat paket wisata sehari dengan mengunjungi beberapa lokasi yang menarik di kampung wisata ini. Wisatawan tidak hanya melihat-lihat, namun juga bisa mengikuti workshop pembuatan batik, melihat pertunjukan wayang golek serta kacapi suling, sambil menikmati kopi dan kuliner khas Sunda. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Melalui Pendekatan Modern Rumah Batik Komar Kembangkan Kawasan Eduwisata Batik di Bandung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here