Beranda Berita Menikmati Secangkir Kopi Jawa Barat dalam West Java Coffee Festival 2016 di...

Menikmati Secangkir Kopi Jawa Barat dalam West Java Coffee Festival 2016 di Bandung

Kopi merupakan salah satu minuman favorite yang dikonsumsi merata oleh penduduk dunia di berbagai Negara. Hal inilah yang menjadikan biji kopi sebagai salah satu komoditas yang memiliki permintaan tinggi dalam perdagangan dunia. Dan Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil biji kopi terbesar dengan keragaman jenisnya, bahkan di Jawa Barat terdapat 9 jenis kopi yang menjadi unggulan. Berbagai jenis kopi di Jawa Barat ini diperkenalkan kepada publik dalam West Java Coffee Festival 2016 yang berlangsung 28-30 Oktober 2016 di Atrium Selatan TSM (Trans Studio Mall) Bandung.

West Java Coffee Festival merupakan gelaran rutin yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah berlangsung untuk kedua kalinya di Bandung. Selama tiga hari berturut-turut, ribuan warga dan wisatawan yang berkunjung ke TSM membanjiri area Atrium Selatan untuk dapat mencicipi berbagai rasa kopi yang dihidangkan para ahlinya secara Cuma-Cuma.

westjavacoffee-01

Acara ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari petani kopi dan pemilik kedai kopi di Jawa Barat yang masing-masing menyajikan ragam jenis kopi yang berbeda. Salah satunya adalah Kopi Gunung Puntang yang menjadi jawara di SCAA (Speciality Coffee Association of America) Expo 2016. Selain itu terdapat enam jenis kopi Jawa Barat yang mendapat nilai tinggi sehingga masuk ke dalam 20 besar kopi terbaik di SCAA Expo 2016, kopi-kopi tersebut diantaranya adalah : Kopi Mekar Wangi, Malabar Honey, Java Cibeber, West Java Pasundan Honey, Gunung Tilu dan Andung Sari. Tak hanya disajikan secangkir kopi secara gratis, pengunjung pun dapat membeli kopi dalam bentuk biji dan bubuk yang belum diolah untuk persediaan di rumah.

westjavacoffee-07

Sambil menikmati kopi dan cemilan yang tersedia, pengunjung West Java Coffee Festival 2016 juga dihibur oleh penampilan musik yang menemani sepanjang acara berlangsung. Dan tak jauh dari panggung, terdapat pula beberapa hasil karya seni yang terbuat dari ampas kopi. Hasil karya dari seniman Ghidaq Al-Nizar ini menjadi daya tarik karena keunikannya, ia juga membagikan beberapa merchandise bagi pengunjung yang bertanya pada sesi sharing yang dibuka pada sabtu malam.

westjavacoffee-03

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here