Beranda Atraksi Wisata Wisata Teras Sunda Cibiru Perkuat Identitas Seni dan Budaya di Bandung

Wisata Teras Sunda Cibiru Perkuat Identitas Seni dan Budaya di Bandung

212
Suasana Pembukaan Teras Sunda Cibiru pada Rabu (31/10).

Dalam perannya di masyarakat, seni dan budaya merupakan sebuah identitas yang melekat dan menjadi ciri dari suatu daerah. Oleh karena itu, kedua bidang tersebut selalu didorong oleh pemerintah setempat untuk menjadi ujung tombak pariwisata, tak terkecuali di Bandung. Bila selama ini ada Saung Angklung Udjo yang telah dikenal luas sebagai tujuan wisata seni dan budaya, kini Teras Sunda Cibiru resmi diperkenalkan untuk memperkuat identitas yang dimiliki Kota Bandung ini. Acara peresmian Teras Sunda Cibiru pada Rabu (31/10) siang, dihadiri oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, dan juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Ibu Dewi Kaniasari.

Baca juga: Serunya Menyaksikan Pertunjukan Seni dan Budaya di Saung Angklung Udjo Bandung

Teras Sunda Cibiru dibangun di atas tanah yang memiliki luas 5.600 m2 dan terdiri dari beberapa bagian. Di salah satu sudutnya Anda dapat melihat galeri lukisan dan rumah-rumah yang dirancang menyerupai seperti yang ada di perkampungan adat. Setiap rumah tersebut memiliki teras yang dapat berfungsi sebagai panggung pementasan kesenian mini. Sedangkan di dalam galeri lukisan, terdapat pula sebuah workshop di mana pengunjung dapat melihat langsung para seniman lukis menggoreskan warna-warna dan bentuk indah di atas canvas.

Tak jauh dari galeri, ada sebuah aula yang desain tempatnya dibuat dengan konsep amphitheater dan memiliki kapasitas tempat duduk hingga 200 orang penonton. Luas dan rancangan tempatnya memungkinkan untuk menampilkan beragam jenis pertunjukan, seperti konser musik, penampilan tari, ataupun seni kabaret.

Aula pertunjukan di Teras Sunda Cibiru.

Lokasi Teras Sunda Cibiru ini ada di kawasan Bandung Timur, tak jauh dari Alun-Alun Ujungberung dan Bunderan Cibiru. Di samping fungsinya sebagai wadah bagi seni dan budaya di Kota Bandung, Teras Sunda Cibiru juga digunakan sebagai kantor RW dan toko koperasi warga setempat. Jadi Anda tak akan kesulitan mencari aneka jajanan saat mampir ke sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here