Beranda Berita Dhira Bongs Menggalang Kampanye untuk Mewujudkan Album Terbarunya: ‘A Tiny Bit Of...

Dhira Bongs Menggalang Kampanye untuk Mewujudkan Album Terbarunya: ‘A Tiny Bit Of Gold In The Dark Ocean’

Rilis Pers - Dhira Bongs - ‘A Tiny Bit Of Gold In The Dark Ocean’
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

SINGER sekaligus songwriter asal Bandung, Dhira Bongs menggalangkan sebuah kampanye untuk mewujudkan album terbaru yang diberi judul “A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean” — kumpulan karya yang juga tercatat menjadi torehan ketiga dari perjalanan musikal Dhira Bongs sebagai solois pasca menelurkan album My Precious (2013) dan Head over Heels (2016). Untuk mewujudkan impiannya ini, Dhira Bongs bekerja sama dengan situs patungan online atau crowdfunding musik pertama di Indonesia bernama Kolase.com.

Bentuk utama kampanye ini dilakukan agar album ke tiga Dhira Bongs segera terealisasi, karenanya kampanye yang diusung Dhira Bongs bersama Kolase.com sendiri mengarah kepada urun dana untuk mendukung tahap-tahap produksi atau proses produksi pembuatan album A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean.

Merujuk pada jumlah lagu yang termuat di albumnya nanti, ada 12 reward yang Dhira Bongs tawarkan di kolase.com, seperti CD, Pick Gitar, Buku Lirik, Album Foto, Voice Note Penyemangat, Patch, T-shirt, hingga Jamu Pereda Marah. Sedang harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 3.000.000, menyesuaikan dengan paket-paket yang ditawarkan.

Kampanye Dhira Bongs dengan Kolase ini bisa dibilang menjadi sebuah cara yang baik dan dapat ditiru oleh siapa saja yang hendak atau ingin semakin mendekatkan diri dengan para pendengar musiknya, utamanya untuk saling “memberi”. “Gerakan crowfunding semacam ini menjadi hal yang menarik, karena pada akhirnya tidak hanya berujung dengan budaya jual beli saja, tapi lebih dari itu setidaknya dalam praktiknya kedua belah (baik musikus dan apresiator) bisa saling memberi satu sama lain dan mendapatkan sesuatu tanpa harus mempedulikan berapa jumlah dan nilainya,” sebut Dhira Bongs.

Hal itu juga yang akhirnya membuat Dhira Bongs bersikukuh ingin merealisasikan album terbarunya ini dengan metode urun dana dan melibatkan banyak orang. “Dalam rangka bikin album ini, aku menyediakan hadiah-hadiah lucu, dan (hal) itu jadi lebih kerasa aja momennya. Hubungan yang langsung begini yang aku inginkan dari dulu dari para pendukung dan pendengar lagu-lagu aku. Ini juga pertama kalinya aku mengajak orang sebanyak ini, khususnya keterlibatan di hal-hal finansial. Kalau lagu-lagu aku diibaratkan jadi orang, mereka akan tumbuh besar dan berumur panjang dengan bantuan kalian,” tambah Dhira Bongs.

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, album A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean nantinya akan memuat 12 materi baru—termasuk lagu berjudul “Strugglin” dan “Jangan Tumbuh” yang telah ia rilis terlebih dahulu dalam kurun waktu dua tahun terakhir—hasil karya orisinal Dhira Bongs. Ke 12 lagu ini turut memunculkan pula kebaruan atau karakter Dhira Bongs yang berbeda dari album-albumnya terdahulu; sedikit bocoran terdapat pula deretan kolaborator yang akan menghiasi album ini. Hal ini tercatat menjadi salah satu terobosan dan langkah berani yang Dhira Bongs lakukan. “Aku senang keramaian, baik di dalam otak atau sewaktu bikin lagu, semakin banyak yang terlibat, semakin asik dan bermakna,”aku Dhira Bongs terkait keterlibatan para
kolaborator album.

*Untuk berpartisipasi dalam kampanye Dhira Bongs bersama dengan Kolase, bisa langsung kunjungi website kolase.com/dhirabongsalbumtiga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here