Beranda Atraksi Wisata Wisata Pantai di Sekitar Bandung bagi Anda dan Keluarga

Wisata Pantai di Sekitar Bandung bagi Anda dan Keluarga

896
Pantai Sindangkerta penuh oleh Wisatawan saat Libur Lebaran
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

Kota Bandung terletak di dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan, baik di sebelah utara, selatan, timur maupun barat. Oleh karena itu, kebanyakan destinasi wisata yang terdapat di kota Bandung adalah berupa bukit, gunung, hutan, sungai, dan danau serta wisata alam buatan lainnya. Jika ingin berwisata ke pantai, maka Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh ke arah selatan Kota Bandung.

Berikut adalah daftar pantai-pantai yang terdapat di selatan Kota Bandung untuk berwisata bersama keluarga.

1. Pantai Jayanti, Cianjur Selatan

Berlokasi di Cidaun, Pantai Jayanti dan sekitarnya merupakan pantai yang relatif masih alami dan terbebas dari polusi. Di pantai ini Anda dapat mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI), serta kios-kios penjual ikan dan warung yang menyediakan ikan bakar sesuai selera Anda. Kondisi pantainya di satu sisi terdiri atas pasir pantai, sedangkan di sisi lainnya terdapat batu-batu karang. Anda dapat menikmati pemandangan gulungan ombak pantai selatan yang menerpa batu-batuan yang berserakan. Selain itu, Anda dapat menyaksikan perahu-perahu nelayan berbagai warna yang sedang berlabuh di pantai ini.

Baca juga: Liburan Menyenangkan di Kampung Cai Ranca Upas/

Pantai Jayanti yang bersebelahan dengan Taman Hutan Bojong Larang ini jaraknya kurang lebih 150 km dari Kota Bandung dan dapat ditempuh melalui jalur Ciwidey – Naringgul – Cidaun dengan motor maupun mobil.

2. Pantai Rancabuaya, Garut

Pantai Rancabuaya merupakan destinasi wisata alam pantai yang sudah cukup terkenal dengan kemiringan tepian nan landai bermaterial pasir halus dan putih seluas 10 Ha. Di pantai ini telah terdapat  berbagai fasilitas wisata, seperti villa, penginapan, kios makanan, tempat parkir, tempat bilas dan pos kesehatan.

Panjang tepi pantainya mencapai 1.000 – 2.000 m dengan lebar 100 – 200 m. Di area pantai ini Anda bisa berwisata seraya melakukan hiking dan trekking.

Pantai yang berlokasi di Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut ini jaraknya 167 km dari Kota Bandung dan dapat dicapai dengan motor, mobil pribadi, dan kendaraan umum. 

Pesawahan di pinggir pantai Garut selatan

3. Pantai Santolo, Garut

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan berlokasi di Kabupaten Garut tak jauh dari Pantai Rancabuaya. Pantai ini juga sudah terkenal dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata dengan hamparan pasir pantai putih dan landai yang cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga Anda.

Di pantai yang terletak di Kecamatan Cilelet Kabupaten Garut ini, Anda dapat mengelilingi area pantai dengan memanfaatkan penyewaan perahu yang cukup murah. Selain itu, juga tersedia kios-kios yang menjual berbagai souvenir kerajinan, penginapan yang cukup nyaman dan bersih, serta warung yang menyediakan beraneka ragam hidangan laut segar.

4. Pantai Sayang Heulang, Garut

Tidak begitu jauh dari Pantai Santolo, terdapat Pantai Sayang Heulang dengan karakteristik pantai yang landai dan pasirnya yang kasar berwarna putih. Di tepiannya terdapat karang datar yang memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan di atasnya saat air laut surut. Sebaliknya saat pasang, terbentuklah genangan air laut yang tenang berlatar deburan ombak di kejauhan.

Gugusan batu karang di tepi Pantai Sayang Heulang

Anda dapat bermain sepak bola, volley pantai, jalan-jalan menyusuri pantai, melihat ikan-ikan kecil ketika air laut surut sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Di dekat area pantai ini juga terdapat atraksi wisata bukit teletubbies dengan hamparan rumput nan hijau.

5. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta yang berjarak 4 km dari Pantai Cipatujah juga merupakan pantai landai dengan pasir berwarna putih. Di pantai ini terdapat taman laut yang menarik dan menjadi tempat habitat penyu (celonyamidas) untuk menetaskan telur-telurnya.

Ketika air laut sedang surut, Pantai Sindangkerta dapat digunakan untuk berenang oleh anak-anak maupun dewasa. Di pantai ini tersedia fasilitas untuk wisatawan, seperti kios-kios makanan dan souvenir, kamar mandi bilas, tempat ibadah, tempat parkir, dan penyewaan ban untuk berenang.

6. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas dengan pantai landai dan alunan ombaknya menawarkan suasana alam yang tenang untuk Anda berwisata bersama keluarga. Sambil bersantai merasakan angin semilir, Anda dapat menikmati hidangan laut segar di restoran tepi pantai. Anda juga dapat berperahu, berkemah atau berselancar di sini.

Beragam fasilitas telah tersedia untuk wisatawan di pantai yang jaraknya hanya 34 km dari Pantai Pangandaran ini, seperti hotel, camping ground, kios souvenir, arena bermain, fasilitas ibadah, penyewaan papan selancar dan ban renang.

7. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran yang terletak 225 km dari Kota Bandung ini memiliki keindahan legendaris dan amat terkenal di kalangan wisatawan nusantara. Pantainya yang berpasir halus dan air lautnya jernih serta jarak antara pasang – surut relatif lama, membuat Anda bebas berenang di tepiannya.

Pantai ini berdampingan dengan Cagar Alam Pananjung yang kaya akan flora dan fauna, seperti rusa dan hewan lainnya. Berwisata di pantai ini, Anda bisa berkesempatan untuk menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari dari satu tempat saja. Selain itu, Anda dapat menikmati atraksi wisata pantai lainnya yang tersedia, seperti wind surfing, scuba diving, snorkeling, menyewa perahu ke Pasir Putih, serta melihat-lihat karang dan berbagai ikan hias yang sedang berenang di dalam laut. 

Baca juga: VK Pods Grand Pangandaran Tawarkan Penginapan di bawah Rp100ribu per Malam

Anda dapat menginap di beberapa hotel dan penginapan yang telah tersedia di tepi Pantai Pangandaran. Terdapat banyak fasilitas di area pantai ini untuk wisatawan, seperti masjid, parkir kendaraan, penyewaan becak dan motor, tempat bilas, kios-kios makanan dan souvenir dan sebagainya.

Selain tujuan wisata pantai alami tersebut, di Kota Bandung juga terdapat wisata pantai buatan, seperti di Kampung Batu Malakasari Baleendah dan beberapa hotel yang menyediakan arena bermain pasir pantai, seperti di The Trans Luxury Hotel, Marbella Suites, dan Grand Tjokro Bandung.  

Baca juga: Kampung Batu Malakasari Tujuan Tamasya Keluarga Favorite di Bandung Selatan

Baca juga: Wisata Selfie This is Me Hadirkan Pantai di Tengah Kota Bandung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here