Home Berita Wisata Kuliner Batagor Terfavorit di Bandung

Wisata Kuliner Batagor Terfavorit di Bandung

56
0
Batagor H. Isan

Orang Sunda memang senang menyingkat nama-nama menjadi sebuah nama baru yang unik. Tak terkecuali dengan makanan, seperti halnya Cireng (aci digoreng) dan Combro (oncom di jero). Lalu ada juga Batagor yang merupakan akronim dari Bakso Tahu Goreng. Batagor merupakan jajajan khas Bandung yang berisikan ikan tenggiri yang dicincang dan dimasukkan ke dalam tahu yang dibelah tengahnya. Tak hanya hadir dengan bentuk tahu, batagor juga ada yang memiliki tampilan dengan dibungkus kulit pangsit.

Batagor kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang dilumuri kecap manis, atau dapat juga dihidangkan dengan kuah bakso. Walau sekarang batagor sudah dapat ditemui di berbagai daerag lain, Bandung sebagai kota kelahiran makanan ini tentu punya beberapa tempat terfavorite untuk menyantap batagor. Oleh karena itu kami coba merekomendasikan 4 tempat wisata kuliner Batagor terfavorite di Bandung.

1. Batagor H. Isan

H. Isan adalah sang penemu Batagor Bandung yang pertama kali mengenalkan hidangan batagor di Bandung. Sebelumnya, H. Isan berdagang bakso tahu kukus dengan gerobaknya, sampai akhirnya ia mencoba menggoreng bakso tahu yang tak terjual dan membagikan kepada tetangganya. Batagor H. Isan yang mulai berdiri pada tahun 1976 kini telah mencatat sejarah sebagai pelopor Batagor Bandung. Selain cabang utamanya yang berada di Jl. Bojongloa No.38, Batagor H. Isan kini sudah memiliki beberapa cabang yang dapat ditemui di berbagai penjuru Kota Kembang.

Batagor H. Isan

2. Batagor Riri

Batagor Riri ini merupakan salah satu oleh-oleh yang paling populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Tahunya yang lembut dengan ukuran yang cukup besar, serta kemasannya yang dibuat sederhana namun sangat menarik menjadikannya salah satu kuliner terfavorite di Bandung. Selain menu Batagor Kering, Batagor Riri juga menyediakan Batagor yang dihidangkan basah dengan kuah. Anda dapat membeli Batagor Riri di cabang utamanya yang terletak di Jl. Burangrang No.41 Bandung.

3. Batagor H. Darto Wahab

Lokasi Batagor H. Darto Wahab ini terletak di kawasan Jl. Dago (Jl. Ir. H. Djuanda), tepatnya berada di dalam kawasan Pasar Simpang Dago, Bandung. Tak kalah dengan Batagor H. Isan, Batagor H. Darto Wahab pun termasuk salah satu kuliner legendaris di Bandung yang masih meneruskan kejayaannya. Terhitung sejak tahun 1982, H. Darto Wahab sudah memulai berjualan Batagor menggunakan gerobak. Rasa dari Batagor H. Darto Wahab ini sangat khas karena menggunakan tahu putih yang dan berkualitas. Saat digigit, bagian luarnya terasa crunchy namun sangat lembut bagian dalamnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here