Beranda Acara Tour Sejarah ‘Heritage Walk’ Semarakkan Ulang Tahun Kota Bandung ke-208

Tour Sejarah ‘Heritage Walk’ Semarakkan Ulang Tahun Kota Bandung ke-208

226
Para Peserta Heritage Walk Berfoto di Depan Pendopo Wali Kota Bandung pada Minggu (30/9) siang.

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah,”begitu bunyi kutipan kalimat dari Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno, dalam salah satu pidatonya. Kutipan tersebut tertera di dinding luar salah satu sudut Museum Kota Bandung yang sedang dalam tahap persiapan untuk mulai beroperasi dalam waktu dekat. Walaupun belum dibuka untuk umum, namun masyarakat yang melintas di Jl. Aceh pada Minggu (30/9) pagi lalu akan melihat aktivitas keramaian di area depan bangunan museum ini. Aktivitas tersebut berasal dari para peserta Heritage Walk yang sedang bersiap untuk melakukan tour sejarah bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dan Komunitas Aleut. Acara Heritage Walk ini diselenggarakan untuk menyemarakkan ulang tahun Kota Bandung ke-208 yang jatuh pada 25 September 2018.

Baca juga: 16 Bangunan Heritage Terpopuler di Bandung

Dalam acara yang digelar tahun ini, panitia pelaksana telah membuka pendaftaran online yang kemudian diikuti oleh 100 peserta. Slot tersebut langsung terpenuhi hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Keseratus peserta ini kemudian dibagi ke dalam empat kelompok yang masing-masingnya akan menjalani rute dan menemui bangunan cagar budaya yang berbeda-beda. Namun untuk kawasannya sendiri masih berada di seputar Jl. Braga, Jl. Asia Afrika, Jl. Banceuy, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Merdeka, dll.

Tak hanya mengikuti pemanduan cerita yang dibawakan oleh Komunitas Aleut, para peserta Heritage Walk juga diberikan tugas untuk mengambil foto ataupun video selama di perjalanan, dan mengunggahnya di akun Instagram masing-masing. Nantinya, postingan dengan konten terbaik akan mendapatkan voucher makan dan menginap dari YourBandung dan NOI Holiday yang bertindak sebagai sponsor.

Beberapa bangunan cagar budaya yang dilalui rute Heritage Walk merupakan bangunan-bangunan yang cukup sering dilewati mayoritas warga maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Bandung, seperti Gereja Katedral St. Petrus, Aroma Koffie Fabriek, Gedung Landmark, Hotel Savoy Homann, De Majestic, Gedung Merdeka, dan lain sebagainya. Tentunya, para peserta tak sekedar diajak melihat dan berfoto dengan bangunan-bangunan tersebut, tapi juga diberikan kisah dan wawasan sejarah perubahan serta peristiwa yang pernah terjadi di masing-masing tempat secara akrab. Inilah yang membuat tour sejarah Heritage Walk menjadi istimewa bila dibandingkan dengan saat peserta mengunjunginya di luar acara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung, Ibu Dewi Kaniasari, Memberikan Sambutan Kepada Para Peserta Heritage Walk di Museum Kota Bandung.

Pada kesempatan ini, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Ibu Dewi Kaniasari, pun turut hadir dan memberikan sambutannya kepada para peserta Heritage Walk. Beliau menuturkan, “ harapannya, acara ini dapat mengenalkan kekayaan cagar budaya kepada masyarakat, sehingga dapat bersama-sama menjaga, dan melestarikan cagar budaya tersebut.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here