Beranda Berita Star Wars Day Balik Bandung

Star Wars Day Balik Bandung

228

“A long time ago, in a galaxy far far away”, familiar dengan narasi ini? Buat penggemar film science fiction Star Wars rasanya sudah tidak asing dengan narasi di atas yang merupakan narasi pembuka setiap seri film Star Wars diputar. Tidak salah rasanya kalau mengatakan Star Wars sebagai the biggest movie franchisee all of time, hampir di seluruh kota di dunia mempunyai komunitas untuk penggemar berat film yang satu ini. Tak terkecuali di Bandung, kota yang memang sudah sangat terkenal dengan kreativitasnya ini menjadi pemrakarsa event Star Wars Day di Indonesia pada tahun 2012.

Star Wars Day dikenal sebagai perayaan khusus bagi para penggemar film Star Wars diseluruh dunia yang biasanya dirayakan setiap tanggal 4 Mei setiap tahunnya. Star Wars Day (SWD) sudah memasuki tahun kelima perhelatannya di Indonesia, setelah pertama kali digelar di Gedung Indonesia Menggugat pada 24 Juni 2012. Setelah menuai sukses pada pagelaran pertamanya, di tahun-tahun setelahnya SWD selalu bertandang ke Jakarta, sampai akhirnya di tahun 2016, SWD kembali pulang kampung ke Bandung.

Tahun ini SWD diadakan di Gedung YPK (Yayasan Pusat Kebudayaan) Jl. Naripan No. 7-9 Bandung pada 23-24 Juli 2016. Sama seperti sebelumnya berbagai Cosplay (costume play) bertemakan Star Wars hadir menarik hati para wisatawan yang berkunjung ke sekitaran Jalan Braga yang berlintasan dengan Jalan Naripan. Berbagai hasil karya seni gambar pun menghiasi area art exhibition dan tentunya menjadi spot favorite pengunjung untuk berfoto.

_MG_4384s

Di sisi lain venue acara, terdapat sebuah area diorama berukuran cukup besar berisikan action figure tokoh Star Wars yang memperagakan berbagai adegan dalam film. Area ini pun cukup laku diserbu para Toy Photographer untuk dapat mengabadikan setiap sudut dari diorama tersebut.

_MG_4370s

Para pengunjung yang hadir tak hanya datang dari kalangan warga Bandung saja, wisatawan domestik dari berbagai kota pun hadir, terutama dari Jakarta dan ada juga yang datang dari Yogyakarta dan Surabaya. Wisatawan asing pun tak kalah ketinggalan dan turut hadir ingin tahu bagaimana perayaan SWD di Indonesia. Bagi para wisatawan yang berkunjung dapat juga membeli berbagai merchandise acara ataupun action figure langka Star Wars yang tersedia di lapak mainan. Istimewanya SWD kali ini Anda bisa minta dibuatkan karikatur dengan tubuh karakter Star Wars hanya dengan 30.000 Rupiah saja.

Menjelang sabtu malam, event yang diselenggarakan oleh para komunitas penggemar Star Wars ini semakin ramai dengan kehadiran salah satu pemeran dalam sequel terbarunya yaitu Yayan Ruhiyan. Yayan Ruhiyan yang berperan sebagai Tasu Leech dalam Star Wars VII : The Force Awakens hadir sebagai special judge dalam kontes peragaan light saber. Kontes light saber ini mempertandingkan komunitas light saber Bandung dan Jakarta dalam kepiawaian menggunakan light saber yang merupakan senjata yang dipergunakan dalam film Star Wars.

_MG_4697s

Dalam setiap tahun pagelarannya, SWD selalu dapat membangkitkan animo masyarakat serta wisatawan yang berkunjung ke tempat perhelatannya, entah ia seorang Star Wars Fans atau justru baru mengenal Star Wars karena keberadaan acara ini. Penasaran bagaimana SWD tahun depan akan seperti apa? Kita tunggu di SWD 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here