Beranda Acara Serunya Tradisi Perang Tomat di Kampung Cikareumbi Lembang, Bandung

Serunya Tradisi Perang Tomat di Kampung Cikareumbi Lembang, Bandung

184
Suasana Perang Tomat di Kampung Cikareumbi Lembang, Bandung, pada Minggu (28/10).

Di Spanyol, ada sebuah festival bernama ‘La Tomatina’. Dalam festival tersebut para peserta akan berperang dengan menggunakan tomat sebagai senjatanya. Layaknya seperti di negara matador tersebut, sebuah gelaran serupa bertajuk Rempug Tarung Adu Tomat pun diadakan di Desa Cikidang, Kampung Cikareumbi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Keseruan tradisi perang tomat tersebut telah berlangsung sejak tahun 2012 lalu hingga saat ini. Untuk tahun ini, acara perang tomat dilaksanakan pada Minggu (28/10).

Awalnya, tradisi perang tomat di Cikareumbi selalu diselenggarakan pada minggu kedua bulan Muharram  Tahun Hijriyah. Namun kini, mulai tahun 2018, acara perang tomat akan diadakan setiap minggu terakhir bulan Oktober.  Tujuan dari acaranya sendiri adalah sebagai bentuk rasa syukur dan sebagai ungkapan membuang hal-hal buruk di masyarakat maupun penyakit yang melanda tanaman mereka. Oleh karena itu, tomat yang digunakan untuk perang tomat ini pun merupakan tomat yang dinilai tidak bisa dimakan atau tidak bisa dijual oleh petani sekitar.

Dalam pelaksanaannya, warga Cikareumbi akan menyediakan ribuan tomat busuk yang disebar ke sejumlah titik. Beberapa perlengkapan lain seperti topeng dan tameng pun disiapkan untuk menambah keseruan peperangan. Tak hanya warga, para pengunjung yang hadir dalam kesempatan tersebut juga diperbolehkan untuk mengikuti langsung agenda ini.

Beberapa Topeng dan Tameng Disediakan untuk Kelengkapan Perang Tomat.

Selain perang tomat, warga juga menyelenggarakan upacara Ngaruat Bumi dan Hajat Buruan, yang kemudian dilanjutkan dengan helaran/arak-arakan warga. Arak-arakan ini biasanya dilaksanakan tepat sebelum agenda perang tomat dimulai dengan mengitari kampung.

Agenda Helaran Sebelum Perang Tomat

Kampung Cikareumbi ini terletak di Jl. Cikareumbi yang aksesnya ada di samping Jl. Tangkuban Perahu (kawasan Cikole). Bagi Anda yang penasaran ingin merasakan pengalaman seru perang tomat di Kampung Cikareumbi Lembang ini, jangan lupa tandai kalender Anda di minggu ke-4 bulan Oktober tahun depan ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here