Beranda Acara Sambut Hari Pangan Sedunia, YMIE dan BULOG Gelar Workshop Pertanian untuk Pemuda...

Sambut Hari Pangan Sedunia, YMIE dan BULOG Gelar Workshop Pertanian untuk Pemuda di Imah Seniman Bandung

110
Suasana Workshop Pertanian untuk Pemuda di Imah Seniman pada Selasa (16/10) malam.

Tanggal 16 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Dipilihnya tanggal tersebut berkaitan dengan momen pendirian Food and Agriculture Organization (FAO) sebagai organisasi yang bergerak di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurus hal-hal yang berhubungan dengan pangan dan hasil pertanian. Untuk menyambut Hari Pangan Sedunia 2018, Yayasan Menuju Indonesia Emas (YMIE) dan Perum Badan Usaha Logistik (BULOG) menggelar workshop pertanian untuk pemuda yang dilaksanakan dari 15-17 Oktober 2018, bertempat di Imah Seniman, Lembang, Bandung.

Dengan mengusung Tema “Pemuda Sebagai Agen Perubahan untuk Mencapai Zero Hunger 2030”, workshop ini dihadiri sekitar 80 orang dari berbagai latar belakang, mulai dari siswa SMA/SMK, mahasiswa, santri, petani, dan komunitas remaja. Dari sisi asal daerah, para peserta yang dilibatkan tak hanya berasal dari Bandung, namun juga daerah-daerah lainnya di Jawa Barat, seperti Cianjur, Cirebon, Indramayu, dan Sumedang.

Dalam materi workshop yang diberikan, para peserta diajak untuk mengenal pertanian 4.0, urban farming, microgreens, hidroponik, dan pembangunan karakter. Lalu ada juga materi mengenai pola distribusi bahan pangan pokok di Indonesia. Di samping workshop, panitia penyelenggara juga mencoba mengenalkan peserta dengan peninjauan langsung lahan pertanian dan perkebunan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang.

Tujuan dari diselenggarakannya workshop ini sendiri adalah untuk memberikan gambaran besarnya prospek berkiprah di dunia pertanian. Dengan adanya manajemen yang baik, penerapan teknik yang benar, serta pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan kebutuhan pasar, bidang ini dapat menjadi potensi ekonomi yang sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Untuk ke depannya, acara ini direncanakan dapat berlanjut dengan penyelenggaraan pada ruang lingkup komunitas dan masyarakat yang lebih luas. Selain itu, peningkatan kemampuan peserta yang telah mengikuti workshop ini pun akan terus dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang dicita-citakan. Di sinilah saatnya generasi muda dapat mengambil peran dengan semangat dan pendekatan baru sebagai agen perubahan bangsa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here