Beranda Acara Rekomendasi Tempat Untuk Melihat ‘Gerhana Bulan Total Terlama’ di Bandung

Rekomendasi Tempat Untuk Melihat ‘Gerhana Bulan Total Terlama’ di Bandung

290
Gerhana Bulan Total Terlama Abad Ini

Tahun 2018 merupakan tahun yang sangat istimewa. Dalam tahun tersebut terjadi dua fenomena langit langka yang terjadi ratusan tahun sekali. Bila pada 31 Januari lalu ada peristiwa Super Blue Blood Moon, maka tanggal 28 Juli dini hari nanti ada fenomena ‘gerhana bulan total terlama’ yang bisa langsung diamati dari Indonesia. Bagi Anda yang berdomisili atau sedang berkunjung ke Bandung, berikut ini kami coba rekomendasikan beberapa tempat untuk melihat fenomena tersebut.

1. Alam Terbuka

Untuk dapat mengamati fenomena ini dengan lebih jelas, tentunya lebih baik untuk memilih tempat yang jauh dari lampu perkotaan. Daerah seperti Pangalengan dan Ciwidey dapat menjadi pilihan terbaik, karena kawasan tersebut cukup memenuhi kriteria yang diperlukan. Untuk kawasan Ciwidey, kami menyarankan untuk berkemah di Kampung Cai Ranca Upas. Sedangkan di kawasan Pangalengan, Situ Cileunca dapat menjadi pilihan terbaik.

2. Tempat-Tempat Ikonik

Bagi pecinta hobi fotografi, tentunya selain menyiapkan perlengkapan yang memadai, memilih spot foto yang sesuai pun harus menjadi pertimbangan utama. Karena gerhana bulan total kali ini terjadi pada setengah malam terakhir mulai dari 00.13-06.30 WIB, maka posisi bulan akan cenderung bergerak dari atas kepala menuju ke arah barat. Carilah tempat-tempat yang memiliki bangunan ikonik untuk dijadikan foreground objek pada foto. Seperti Masjid Raya Bandung, Gedung Sate, atau Flyover Pasupati. Untuk waktu puncaknya sendiri akan terjadi pada 03.21-04.13 WIB.

3. Pusat Observasi

Pusat observasi angkasa yang kami rekomendasikan untuk dapat melihat langsung Gerhana Bulan Total kali ini adalah Imah Noong di Lembang. Imah noong menyediakan sebuah teropong bintang yang bisa digunakan pengunjung secara bergantian. Pihak pengelola pun menyediakan tenda dan homestay secara terbatas untuk digunakan bermalam di lokasi. Selain itu, selama acara berlangsung, akan ada aneka jajanan pasar serta atraksi planetarium. Imah Noong beralamat di Jl. Pasar Laksana No. 31, Lembang. Untuk reservasi tempat dapat menghubungi nomor 0813 6912 9841 (Eva) dan 0813 9380 4111 (Zifa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here