Beranda Acara Peringati Hari Bambu Nasional, Gelaran “Bamboo Is Wonderful” Siap Diadakan pada November...

Peringati Hari Bambu Nasional, Gelaran “Bamboo Is Wonderful” Siap Diadakan pada November Ini di Bandung

314
Konferensi pers "Bamboo is Wonderful" yang digelar di Kampung Bamboo pada Senin (19/11) Siang.

Bambu merupakan kekayaan alam yang memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya terletak pada karakternya yang dapat tumbuh dengan cepat setelah ditebang. Setiap harinya, tingkat pertumbuhannya bisa mencapai kisaran 12-30 cm. Oleh karena itu, untuk ke depannya bambu ini diharapkan dapat menjadi material alam pengganti kayu yang terbilang lebih lama untuk tumbuh kembali. Kesadaran inilah yang coba dibangun di masyarakat oleh Perkumpulan Pelaku Usaha Bambu Indonesia (Perpubi) melalui sebuah gelaran bertajuk “Bamboo Is Wonderful”. Acara yang akan berlangsung pada 24-26 November 2018 ini juga menjadi bentuk peringatan atas Hari Bambu Nasional yang jatuh setiap tanggal 26 November.

Untuk venue-nya sendiri, Kampung Bamboo yang berada di kawasan Padasuka, Bandung, terpilih sebagai tuan rumah acara ini untuk pertama kalinya. Tempatnya yang luas, kelengkapan fasilitas, serta kesesuaiannya dengan tema, menjadi beberapa alasannya. Sedangkan untuk agendanya dibagi menjadi tiga acara utama yakni Bamboo Challenge dan Pasar Kampung Bamboo yang akan berlangsung pada 24-25 November 2018, serta Musyawarah Nasional Bamboo yang diadakan pada 26 November 2018.

Agenda Bamboo Challenge akan menghadirkan beragam permainan seru yang tentunya memanfaatkan alat-alat dari bambu. Lalu ada Pasar Kampung Bambu yang menghadirkan bazaar produk dan kuliner kreatif sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar. Kedua acara ini terbuka untuk umum, tanpa biaya tiket masuk.

Selain akan dihadiri oleh masyarakat luas dan para pelaku bisnis bamboo dari seluruh Indonesia, acara “Bamboo Is Wonderful” nantinya akan dihadiri juga oleh Kementrian Pariwisata, serta berbagai komunitas dan perusahaan. Dalam acara tersebut, Perpubi sebagai pihak penyelenggara juga akan memperkenalkan metode laminasi bambu dan contoh produk-produk bambu yang berhasil ditingkatkan nilai ekonominya. Dengan metode ini, material bambu akan di-press sehingga dapat menyesuaikan bentuknya menjadi benda apapun, seperti meja, tumblr, gantungan kunci, sedotan, hingga casing flash disk.

Produk-produk hasil buatan dari metode bambu laminasi yang dapat dijumpai nanti di acara “Bamboo is Wonderfull”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here