Beranda Acara Padukan Antara Pariwisata dan Teknologi, Disbudpar Kota Bandung Kembali Mengadakan Acara Vacathon...

Padukan Antara Pariwisata dan Teknologi, Disbudpar Kota Bandung Kembali Mengadakan Acara Vacathon 2019

117
Juara lomba aplikasi (Hackathon) bersama Ibu Dewi Kaniasari sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung pada acara Vacathon 2019 (28/4) di Hotel Savoy Homann.
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

Setelah sukses pada tahun pertama, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung melalui bidang ekonomi kreatif kembali menggelar acara Vacathon 2019. Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu (27/4) hingga Senin (28/4) di Hotel Savoy Homann ini mengambil tema “Stunning Bandung 4.0 Creative Tourism Through Digital Tourism”. Melihat bahwa perkembangan teknologi yang pesat, diharapkan bisa membantu memajukan pariwisata dan juga ekonomi kreatif di Kota Bandung.

Vacathon memiliki tiga kegiatan acara, yang terdiri dari Hackathon, Workshop, dan Expo. Hackathon adalah perlombaan membuat aplikasi selama 24 jam, yang aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja Disbudpar Kota Bandung dan juga pariwisata dari kota kembang ini sendiri. Kegiatan ini diikuti oleh 32 tim baik dari Kota Bandung, maupun luar Kota Bandung.

Terdapat tiga juara dalam perlombaan ini. Juara ketiga adalah Tim Alzheimer dengan aplikasi yang dibuat bernama Toured. Juara kedua adalah Tim Multiverse yang membuat aplikasi bernama Travelia. Dan juara pertama adalah dari Tim DKLETZ yang memberi nama aplikasi yang dibuatnya dengan Indite. Aplikasi Indite focus kepada tempat dan atraksi apa yang paling sering dicari ketika wisatawan datang ke Kota Bandung. Dan mereka berharap bahwa aplikasi ini akan memudahkan dan membuat orang-orang yang datang ke Kota Bandung selalu merasa senang berlibur ke sini.

Juara I Tim DKLETZ dengan Aplikasi Indite

Tidak hanya Hackathon, acara juga dilanjutkan dengan workshop atau pelatihan yang dibagi menjadi lima sesi dengan tema yang menarik. Sesuai dengan tema acara Vacathon 2019 ini, tema bahasan yang dibahas semua bersangkutan dengan industri 4.0, ekonomi kreatif, pariwisata, dan bahkan tentang hak kekayaan intelektual.

Pemberian materi dengan tema Hak Kekayaan Intelektual oleh perwakilan Dinas Kebudayaan Kota Bandung Hadi Widianto pada acara Vacathon 2019 (28/4) di Hotel Savoy Homann.

Expo di acara Vacathon 2019 ini pun diramaikan oleh booth yang berasal dari perusahaan-perusahaan ekonomi kreatif yang berjalan di bidang aplikasi dan pengembangan permainan Kota Bandung yang menarik bagi pelajar, mahasiswa, UMKM, bahkan investor. Salah satunya adalah booth PT Bitranstel yang mengusung aplikasi PilihTravel. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis travel dalam penjualan tiket secara online melalui web maupun aplikasi, sehingga memudahkan wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Bandung.

Dengan adanya acara ini, Disbudpar mengharapkan bahwa aplikasi yang menjadi juara, dapat dikembangkan lagi dan dapat meningkatkan kinerja di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Bandung. Selain itu, melalui Hackathon ini dapat menghasilkan showcase dari usaha-usaha yang berbasis aplikasi dan pengembangan permainan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here