Beranda Sejarah Napak Tilas Rumah Bersejarah Inggit Garnasih di Bandung

Napak Tilas Rumah Bersejarah Inggit Garnasih di Bandung

603
Salah Satu Ruangan di Rumah Bersejarah Ibu Inggit Garnasih

Situs-situs bersejarah di Bandung terhitung cukup banyak. Ada yang memang mudah dikunjungi, namun ada juga yang memerlukan izin khusus untuk mendatanginya. Di pusat kota, kita mengenal Penjara Banceuy, Stilasi Bandung Lautan Api, Gedung Indonesia Menggugat dan masih banyak lagi yang lain. Tapi, ada satu situs bersejarah yang sampai saat ini kerap terlupakan padahal tak jarang kita lewati setiap saat. Ya, dia adalah Rumah Bersejarah Inggit Garnasih. Perlu kamu ketahui bahwa rumah ini dinyatakan sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah.

Inggit Garnasih adalah perempuan kedua setelah Oetari yang dinikahi oleh Sukarno. Beliau merupakan istri yang mengantarkan Sukarno menjadi presiden pertama kala itu untuk kemudian bercerai karena Sukarno menikahi Fatmawati yang kelak menjadi ibu negara pertama.

Baca juga: http://yourbandung.com/wisata-sejarah-menyusuri-jejak-bung-karno-di-bandung/

Nah, untuk kamu yang senang dengan sejarah dan ingin mengenal lebih jauh mengenai sosok Inggit Garnasih, kamu bisa mendatangi rumah bersejarah tersebut di Ciateul yang kini berganti menjadi Jalan Inggit Garnasih.

Dari luar, terlihat bendera merah putih berkibar di sekitar halaman depannya. Tak perlu ragu, meski biasanya gerbang Rumah Inggit Garnasih ini dalam keadaan tertutup, kamu bisa membukanya karena gerbang tersebut hampir dipastikan tidak dikunci. Bila ada pengunjung, penjaga atau petugas rumah tersebut tahu dan akan langsung datang menghampiri.

Tampak Depan Rumah Bersejarah Ibu Inggit Garnasih

Langkah pertama memasuki halaman rumah, kamu akan terkesan karena kediaman Sukarno dan Inggit di zaman dahulu ini ternyata terlihat sangat terawat hingga kini. Bersihnya pekarangan dengan pohon dan tumbuh-tumbuhan hijau membuat kita yakin jika rumah ini memang dijaga dan dipelihara dengan baik. Sebelum masuk ke ruang utama, kamu akan melihat timeline perjalanan hidup Ibu Inggit dari mulai lahir pada tahun 1888 sampai meninggal di tahun 1984.

Timeline Perjalanan Ibu Inggit Garnasih

Berderet sejumlah piagam tanda penghargaan, kliping beberapa artikel, hingga beragam foto-foto Inggit Garnasih dan Sukarno di beberapa ruangan. Ada 4 ruangan yang bisa kamu jelajahi, di antaranya ruang baca, ruang pembuatan bedak dan jamu, ruang serba guna, dan kamar tidur. Menariknya, di ruangan pembuatan bedak dan jamu terdapat replika batu pipisan yang digunakan Inggit saat membuat ramuan jamu untuk menghidupi kehidupannya saat itu.

Mengunjungi Rumah Bersejarah Ibu Inggit ini tak dikenakan biaya alias gratis. Kamu bisa datang beramai-ramai atau pun perorangan. Petugas atau penjaganya pun bisa kamu mintai informasi mengenai Inggit dan Sukarno saat kamu mendatanginya.

Yuk mulai mencintai Kota Bandung bersama dengan sejarahnya!

Tautan Artikel Ini : http://yourbandung.com/napak-tilas-rumah-bersejarah-inggit-garnasih-di-bandung/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here