Beranda Berita Napak Tilas Peristiwa Long March Siliwangi, Taruna Pelita Nusantara Tempuh Yogyakarta-Bandung dengan...

Napak Tilas Peristiwa Long March Siliwangi, Taruna Pelita Nusantara Tempuh Yogyakarta-Bandung dengan Jalan Kaki

156
Peserta Long March Prajurit Siliwangi yang merupakan Siswa Taruna Pelita Nusantara Tiba di kawasan Car Free Day Dago Bandung, pada Minggu (28/4) pagi.

Tak hanya kaya akan sumber daya alamnya, Indonesia juga tentunya merupakan negeri yang sarat akan nilai sejarah. Setiap waktu yang bergulir, mencatatkan sejarah baru untuk bangsa ini. Bila menilik kembali masa terjadinya Agresi Militer Belanda II, ada sebuah peristiwa ketika Prajurit Siliwangi melakukan long march  dari Yogyakarta ke Jawa Barat atas instruksi Jenderal Sudirman. Untuk mengenang peristiwa tersebut, aktivitas long march tersebut kemudian dilakukan kembali oleh siswa-siswi taruna SMA Pelita Nusantara Bandung dengan napak tilas menelusuri salah satu jalur yang ditempuh oleh Prajurit Siliwangi pada masa itu. Perjalanan jalan kaki yang dilakukan sejak 21 April 2019 lalu ini menempatkan starting point di Titik Nol Yogyakarta, dan finish line di kawasan Car Free Day Dago, Bandung, pada 28 April 2019.

Acara yang baru pertama kali diadakan ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai patriotisme, dan memperkokoh karakter siswa/i taruna. Selain itu, siswa pun diharapkan mendapatkan banyak pengalaman berharga bersama teman-temannya selama di perjalanan. Hal ini penting untuk mengembangkan persatuan dan kebersamaan di antara mereka.

Untuk rutenya sendiri, para peserta long march menempuh jalur selatan dengan rute Yogyakarta-Kebumen-Purwokerto-Majenang-Banjar-Tasikmalaya-Sumedang-Bandung. Sebanyak total 100 orang siswa/i taruna bergerak menempuh jalur tersebut dengan estafet. Setiap sampai di kota yang baru, mereka akan berganti peran dengan kawannya yang lain. Adapun untuk kebutuhan selama di perjalanan, pihak sekolah pun melakukan penjagaan sepanjang perjalanan dengan persediaan makanan yang cukup, serta perlengkapan medis yang mumpuni. Sebelum long march dilakukan pun, pihak sekolah telah melakukan survey terlebih dahulu sejak beberapa bulan lalu.

Di samping merupakan event yang bersifat wisata sejarah, acara long march Siliwangi ini juga menjadi sebuah metode baru untuk mengenalkan wisata alam dan budaya yang dimiliki oleh setiap daerah yang dilewati para siswa taruna. Untuk ke depannya, Bapak I. B. Dharma Yoga menjelaskan bahwa nantinya event ini akan menjadi acara tahunan yang dilaksanakan oleh siswa taruna SMA Pelita Nusantara Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here