Beranda Atraksi Wisata Menikmati Sejuknya Hutan Pinus di Wanawisata Batu Kuda, Manglayang, Bandung

Menikmati Sejuknya Hutan Pinus di Wanawisata Batu Kuda, Manglayang, Bandung

43
Berkemah di tengah-tengah hutan pinus Batu Kuda Manglayang
Belanja di toko YourBandung, kuy ^.^

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, Bandung memang tempatnya para wisatawan untuk berlibur. Tidak hanya Bandung Selatan saja yang memiliki segudang wanawisata yang berkonsep unik, Bandung Timur juga memiliki wanawisata seperti Pasir Kunci, Teras Cibiru, Taman Oray Tapa dan Batu Kuda. Batu Kuda ini merupakan salah satu wanawisata yang paling banyak dicari oleh wisatawan saat ke Bandung Timur.

Batu Kuda berlokasi di lereng Gunung Manglayang tepatnya di Desa Cibiru Wetan, Kampung Cikoneng 1, Cileunyi Bandung. Wanawisata Batu Kuda ini menempati area dengan luas mencapai 20 hektar lebih dan berada di atas 1.150 hingga 1.300 meter di atas permukaan air laut. Berada di bawah pengawasan Perhutani Unit III Jawa Barat, kawasan wisata ini menawarkan keindahan pegunungan yang asri dan sejuk di teduh rindangnya pohon Pinus.

Hal ini menjadi poin plus untuk para wisatawan yang ingin menikmati udara pegunungan yang masih asri dan melepas kepenatan hidup di perkotaan, jauh dari keramaian dan damai. Dalam peribahasa Bahasa Sunda-nya “tiis ceuli herang panon” atau tenang. Jadi, tak salah lagi kalau wanawisata Batu Kuda Manglayang ini sangat cocok untuk me-refresh pikiran dan badan.

Menikmati Keindahan Alam di Batu Kuda Manglayang

Sebelumnya pengelolaan Batu Kuda ini belum dioptimalkan, sehingga jika ingin berkunjung ke area Batu Kuda harus melewati akses jalan yang sangat terjal dengan batuan besar dan licin saat musim hujan. Namun kini akses jalan menuju Batu kuda sudah di hotmix dan tidak akan menyusahkan para pengunjung lagi.

Fasilitas hutan pinus Batu Kuda pun kini telah dibenahi, seperti mandi cuci kakus (MCK), mushola, warung-warung. Bagi para wisatawan yang ingin berkemah di Batu Kuda ini tentu saja memungkinkan, karena sekarang pengelola wisata Batu Kuda menyediakan fasilitas berupa area kemping dan peralatannya. Wisatawan Batu Kuda banyak yang sengaja datang dan biasanya terdiri dari para muda-mudi yang berkemah bersama teman atau komunitasnya.

Dengan keindahan alam nan indah dan kesejukan khas pegunungannya, wanawisata Batu Kuda ini sangat tepat untuk ber-swafoto dan menjadi lokasi pemotretan, seperti prewedding dengan konsep alam.

Tiket masuk ke area wisata Batu Kuda ini hanya Rp. 7.500/orang pada hari biasa dan Rp. 10.000/orang saat akhir pekan. Rute jalan menuju Batu Kuda ini sangat mudah diakses dengan menghabiskan waktu sekira 30 menit dari Bundaran Cibiru dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat dan tidak terlalu jauh dari jalan raya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here