Home Atraksi Wisata Mengungkap Fakta Terpendam dalam Wisata Urban Legend di Bandung

Mengungkap Fakta Terpendam dalam Wisata Urban Legend di Bandung

58
0

Katanya, matanya seringkali kedapatan melirik mengikuti gerak-gerik yang bermain di halamannya. Kadang bukunya terlihat berada di sebelah kanan, kadang juga ada di sebelah kiri. Begitulah cerita orang tentang patung Pastur Hans Christian Verbraak yang berada di Taman Maluku Bandung ini. Banyak yang bilang bahwa di bawah patung itulah jenazahnya dikubur, padahal faktanya, Pastur Hans Christian Verbraak tak pernah menginjakkan kakinya di Bandung. Beliau hanya diberikan sebuah penghormatan oleh lembaga Dutch East Indian Army yang bertempat di Bandung sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam bidang kemanusiaan. Fakta ini tersingkap dalam sebuah tour bertajuk “Legenda Urang Bandung” yang diadakan pada sabtu (28/10) malam lalu oleh Mooibandoeng yang bekerja sama dengan Komunitas Aleut.

Patung Verbraak

Tentunya selain Patung Verbraak, ada banyak fakta menarik di balik urban legend lainnya di Bandung yang kemudian terkuak dalam tour Legenda Urang Bandung. Salah satu di antaranya adalah mengenai Rumah Kentang yang dulu sempat diangkat ke dalam layar lebar. Rumah ini ternyata dulu digunakan sebagai pusat kegiatan freemason di Bandung. Selain itu, ada juga Gereja S. Albanus yang di sekitarnya sering terlihat penampakan dan terdengar ada suara-suara
mengganggu dari dalamnya. Lalu di Jl. Kalimantan, pada malam hari kadang terdengar suara derap langkah tentara yang sedang berlatih, padahal kondisinya sedang tidak ada siapapun di daerah tersebut.

Rumah Kentang



Tour Legenda Urang Bandung kemudian berakhir di sebuah sekolah menengah atas yang berada di Jl. Belitung. Tempat di mana sosok bernama Nancy tinggal. Tentunya Nancy ini bukan seorang wanita yang terkenal karena kecantikan wajah ataupun kemolekan tubuhnya. Ia dikenal sebagai jiwa yang sudah tak memiliki tubuh untuk bersemayam, namun gemar menampakkan diri melalui salah satu jendela yang dibiarkan terbuka. Pada kesempatan tersebut diceritakan pula bahwa dari awal pembangunannya, gedung tersebut memang sudah diperuntukkan sebagai sekolah.

Peserta Tour Misteri Legenda Urang Bandung

Di samping fakta-fakta cerita yang terungkap dalam Tour Legenda Urang Bandung, ada juga Urban Legend lain seperti Hantu Boneka di kawasan Jl. Siliwangi, prajurit tanpa kepala di Jl. Tongkeng, dan bangunan bekas Bandung Medical Centre yang menyeramkan. Namun, walaupun menimbulkan rasa seram pada orang-orang yang mendengarkan ceritanya, nyatanya urban legend kini menjadi sebuah daya tarik wisata tersendiri. Bagaimana dengan Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here