Beranda Berita Mengenal Lebih Dekat Keanekaragaman Tumbuhan Melalui Wisata Bio Tour Bandung

Mengenal Lebih Dekat Keanekaragaman Tumbuhan Melalui Wisata Bio Tour Bandung

523

Tahukah Anda? Banyak nama-nama jalan dan tempat yang ada di Bandung ternyata berasal dari nama buah dan tumbuhan, seperti Cihampelas, Cibaduyut, dan Cikapundung yang berasal dari nama Pohon Hampelas, Buah Baduyut dan Buah Kapundung. Walaupun nama-nama tersebut cukup terkenal di Bandung sebagai nama kawasan, tetapi tak banyak yang pernah benar-benar melihat dan mengenali seperti apa rupa dari tumbuhan-tumbuhan tersebut. Oleh karena itu, untuk dapat mengenalkan secara lebih dekat keanekaragaman hayati yang ada di Bandung, sebuah konsep Wisata Bio Tour kini hadir di Bandung sebagai pendekatan pembelajaran yang seru dan menyenangkan.

Wisata Bio Tour ini pertama kali diselenggarakan pada 19 Februari 2017 lalu di kawasan Taman Balai Kota Bandung dengan tajuk “Bandung Botanical Garden.” Setelah sukses dengan gelaran pertamanya, Indischemooi sebagai pihak penyelenggara kembali mengadakan wisata bio tour dengan tema “Poisonous December : Tumbuhan Berbahaya Di Sekitar Kita” pada 9 Desember 2017. Tema tersebut dipilih dikarenakan sebenarnya cukup banyak tumbuhan-tumbuhan beracun yang ada di ruang publik Kota Bandung, namun tak dikenali oleh orang awam. Walaupun beracun, terkadang tumbuhan-tumbuhan tersebut memiliki bentuk yang rupawan, sehingga tak terlihat berbahaya. Di kawasan Taman Cilaki Bandung yang merupakan tempat digelarnya Wisata Bio Tour yang ke-2 ini pun terdapat cukup banyak tanaman berbahaya yang ditemukan. Beberapa di antaranya adalah Kamboja, Bintaro, Puring, Keladi Hias, dan Oleander.

Wisata Bio Tour

Selain mengenalkan potensi bahaya yang dimiliki oleh tanaman-tanaman berbahaya tersebut, dalam Wisata Bio Tour ini juga dijelaskan mengenai hal-hal penting lainnya. Beberapa di antaranya seperti manfaat tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat berdosis rendah, serta langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi hal yang tak diinginkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti Wisata Bio Tour ini, Anda dapat mengikuti penyelenggaraan selanjutnya yang akan mulai rutin diadakan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Indischemooi di seluruh platform social media atau dapat menghubungi langsung melalui nomor 0812-2321-9025.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here