Beranda Travel Mengenal Gunung-Gunung yang Mengelilingi Bandung

Mengenal Gunung-Gunung yang Mengelilingi Bandung

2511
Pemandangan Gunung Tangkuban Perahu Dilihat dari Kota Bandung

Bentang alam Bandung yang berbentuk cekungan menjadi anugerah keindahan dari ibukota Jawa Barat ini. Sebab, cekungan tersebut membuat Bandung dikelilingi oleh pegunungan hingga seolah-olah menjadi ‘pagar’ dengan bentuk relief yang indah di seluruh penjuru Bandung. Gunung-gunung yang berada di Bandung terhitung sangat banyak, namun, kita bisa mengenal gunung-gunung yang mengelilingi Bandung lantaran keindahannya dapat disaksikan langsung dari tempat yang cukup tinggi di Kota Bandung.

 

Arah Utara Bandung:

Gunung Tangkuban Perahu

Terletak di kawasan Lembang, gunung satu ini adalah gunung paling populer di Bandung. Bagaimana tidak, selain terkenal dengan cerita legenda Sangkuriang-nya, gunung Tangkuban Perahu juga memiliki bentang alam yang indah, sehingga menjadi destinasi wajib para wisatawan yang berlibur ke Bandung. Gunung Tangkuban Perahu memiliki keunikan, yaitu terdapat pada bentuk puncaknya yang terlihat datar dari kejauhan. Dengan ketinggian mencapai 2.084 mdpl (meter di atas permukaan laut), kamu bisa melihat gunung Tangkuban Perahu di sebelah utara dari kota Bandung. Jika melihat puncak gunung yang seperti perahu terbalik, maka bisa dipastikan itulah gunung Tangkuban Perahu.

Baca juga: Top 8 Wisata Alam Lembang, Bandung

Gunung Burangrang

Tak jauh dari lokasi gunung Tangkuban Perahu, gunung Burangrang yang masih terletak di Lembang ini juga terlihat dari kota Bandung pada sisi utara. Ciri-ciri gunung Burangrang terdapat pada bentuk puncaknya yang terdiri dari empat puncakan yang semakin meninggi hingga ketinggian 2.050 mdpl. Gunung Burangrang kerap kali digunakan sebagai tempat latihan para pasukan Kopassus karena masih satu wilayah dengan markasnya yang berada di Situ Lembang. Meski demikian, gunung Burangrang juga terbuka bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian atau sekedar camping.  Namun, tak perlu repot-repot untuk mendaki jika ingin sekedar menikmati keindahan gunung Burangrang. Karena di sekitaran kaki gunungnya ada berbagai destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti Curug Layung, perkebunan teh Sukawana, Wisata Outbond Ciwangun, hingga restoran Dusun Bambu.

 

Gunung Burangrang

Arah Timur Laut:

Gunung Bukittunggul

Sama seperti dua gunung sebelumnya, Gunung Bukittunggul masuk ke dalam jajaran pegunungan Bandung Utara. Dengan ketinggian 2.209 mdpl yang menjadikannya sebagai gunung tertinggi di antara pegunungan Bandung Utara, Gunung Bukittunggul tentu saja dapat dilihat dari kota Bandung pada sisi timur laut. Gunung yang membentang di wilayah Bandung Utara dan Bandung Timur ini jarang didaki. Meskipun begitu, Gunung Bukittunggul memiliki kawasan wisata yang menarik diantaranya Curug dan Situ Sangkuriang serta kebun Kina yang menjadi khas dari kawasan perkebunan Bukittunggul.

 Baca juga: Liburan ke Bandung? Jangan Lupa Mampir ke 5 Danau Indah Ini!

Gunung Palasari

Letak Gunung Palasari diapit oleh dua gunung, yaitu di antara Gunung Bukittunggul di sebelah kiri dan Gunung Manglayang sebelah kanannya. Ketinggian Gunung Palasari memang tidak sampai 2.000 mdpl seperti gunung-gunung lainnya, melainkan hanya 1.852 mdpl. Akan tetapi, Gunung Palasari dapat terlihat dari kota Bandung dengan puncaknya yang berbentuk segitiga. Meskipun kurang begitu populer dibandingkan gunung-gunung lain, Gunung Palasari masih menjadi salah satu gunung tujuan para pendaki. Pasalnya, jalurnya cukup menantang yaitu dikelilingi hutan yang masih alami dan lebat serta treknya yang agak curam lantaran berada di punggungan gunung. Sehingga membuat pendaki penasaran ingin bertualang di Gunung Palasari.

 

Gunung Manglayang

Jika kamu melakukan perjalanan dari wilayah kota Bandung menuju bagian timur, mata kamu akan dimanjakan oleh keindahan gunung Manglayang yang menjulang tinggi dari kejauhan di sepanjang lintasan. Dengan ketinggian mencapai 1.818 mdpl, gunung Manglayang memang cukup jelas terlihat dari wilayah perkotaan dengan mata telanjang. Bentang alamnya pun sungguh menarik. Di kaki gunungnya terdapat air terjun yang bernama Curug Cilengkrang dan hutan pinus yang dikenal sebagai Wanawisata Batu Kuda. Tak sampai di situ, gunung Manglayang juga dapat didaki oleh para petualang melalui berbagai jalur pendakian, diantara yang terkenal adalah dari Palintang (Ujungberung), Wanawisata Batu Kuda (Cileunyi), dan Barubereum (Jatinangor).

Gunung Manglayang

 

Arah Selatan:

Gunung Malabar

Menuju ke Bandung bagian selatan, kamu bisa menyaksikan kemegahan gunung Malabar yang menjadi latar belakang wilayah Banjaran hingga Pangalengan. Malabar sebetulnya merupakan kawasan pegunungan yang terdiri dari tiga puncak gunung, yaitu Gunung Haruman (2.140 mdpl), Gunung Puntang (2.223 mdpl), dan Puncak Besar Gunung Malabar (2.343 mdpl) itu sendiri. Di antara ketiga puncak gunung tersebut, puncak Gunung Puntang sering menjadi tujuan para pendaki karena memiliki pemandangan panorama yang indah. Sementara Puncak Besar Gunung Malabar hanya dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman liar sehingga pemandangan yang terlihat kurang menarik. Selain menjadi lokasi pendakian bagi para wisatawan, gunung Malabar juga terkenal dengan perkebunan teh hingga perkebunan kopi yang membentang di lereng gunungnya.

Baca juga: Mendaki Puncak Mega Puntang di Pegunungan Malabar Bandung

 

Arah Barat Daya:

Gunung Patuha

Masih berada di wilayah Bandung selatan, terdapat gunung Patuha yang dapat dilihat keindahannya di sekitaran kawasan Ciwidey. Gunung yang memiliki ketinggian 2.434 mdpl ini termasuk salah satu gunung tertinggi di Bandung sehingga jika kamu melintasi jalanan Ciwidey, kamu akan melihat keindahan Gunung Patuha di sisi jalanan. Adapun objek wisata populer yang terletak di Gunung Patuha ini, yaitu Kawah Putih. Selain Kawah Putih, di sekitaran kaki Gunung Patuha juga terdapat objek wisata lain yang tak kalah ramainya dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Situ Patenggang yang masih sangat asri.

 

Gunung Tilu

Memiliki ketinggian 1.076 mdpl di wilayah Ciwidey, Gunung Tilu cukup terlihat pada sisi barat daya dari kota Bandung. Gunung Tilu termasuk kawasan cagar alam yang ditetapkan sejak tahun 1978 dan memiliki pusat rehabilitasi primata endemik Owa Jawa, Surili, dan Lutung Jawa. Selain sebagai cagar alam, Gunung Tilu terkenal dengan perkebunan teh-nya yang terletak di kaki gunung. Perkebunan Teh Dewata namanya, disebut-sebut sebagai salah satu kebun teh di Jawa Barat dengan kualitas terbaik.  Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Perkebunan Teh Dewata ini, karena selain suasananya yang sejuk juga memiliki nilai sejarah lantaran sudah berdiri sejak zaman Belanda pada tahun 1932 silam.

 

Arah Barat:

Perbukitan Gunung Lagadar

Gunung Lagadar merupakan perbukitan yang terletak di wilayah barat Bandung, tepatnya di Cimahi. Ketinggiannya pun hanya sekitar 897 mdpl. Kendati demikian, Gunung Lagadar dapat dilihat dari kota Bandung, setidaknya dari rooftop Pasar Baru. Berbeda dengan gunung-gunung yang didominasi oleh hutan, Gunung Lagadar justru dikelilingi oleh bebatuan yang merupakan peninggalan dari aktivitas vulkanik gunung api purba (Gunung Sunda) pada jutaan tahun lalu.

 

Gunung Bohong

Selain Gunung Lagadar, pada bagian barat Bandung juga ada Gunung Bohong yang masih bisa disaksikan dari kawasan perkotaan. Ketinggiannya tak beda jauh dengan Gunung Lagadar, yakni 896 mdpl. Sama halnya dengan Gunung Lagadar, Gunung Bohong juga berbentuk perbukitan. Tak sedikit pendaki pemula mengunjungi puncak Gunung Bohong karena puncaknya menyajikan pemandangan panorama kota Bandung, Cimahi, dan sekitarnya. Sementara di kaki gunung Bohong berdiri Lapangan Tembak Terpadu milik Kodam III/Siliwangi yang kerap digunakan sebagai lokasi kejuaraan menembak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here